Modal Ventura Syariah, Alternatif Sumber Pembiayaan UMKM

Modal Ventura merupakan salah satu alternatif sumber pembiayaan bagi Pengusaha Pemula (startup) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

DEPOKPOS – Industri keuangan syariah khususnya modal ventura syariah di Indonesia memiliki potensi untuk terus bertumbuh dan memiliki kemanfaatan yang besar bagi perekonomian dan mempunyai karakteristik yang memakai akad mudharabah dengan prinsip bagi hasil sesuai kesepakatan, dan kerugian yang terjadi sesuai kaidah fiqhiyah, menjadi tanggungan shohibul mal atau investor, dalam hal ini perusahaan modal ventura, kecuali jika kerugian itu disebabkan oleh mudharib atau pengelola, maka yang menanggung kerugian adalah mudharib.

Seperti yang sudah kita ketahui Modal Ventura Syariah bertujuan untuk membantu inovasi bisnis baru dengan terlibat dalam mengembangkan dan membangun suatu perusahaan seperti bank, perusahaan keuangan non bank (NBFC), perusahaan investasi, perusahaan pialang, perusahaan asuransi, perusahaan perwalian dan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada tahun 2013 masih ada sekitar 28,55 juta orang atau 11,47% dari 248,8 juta penduduk Indonesia yang masuk ke dalam kategori miskin. Hal ini berarti sekitar 1 dari 9 orang di Indonesia adalah orang miskin.

BACA JUGA:  Lotte Land Sawangan Targetkan Serah Terima Dalam Dua Tahun

Untuk itulah diperlukan sebuah program pengentasan kemiskinan yang lebih efisien dan tepat sasaran. Upaya pengentasan kemiskinan ini dapat dilakukan antara lain dengan memutus mata rantai kemiskinan itu sendiri.

Salah satu caranya adalah dengan penguatan berbagai aspek di sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang pada dasarnya merupakan bagian dari masyarakat miskin yang mempunyai kemauan dan kemampuan produktif. Melalui UMKM masyarakat bisa memperoleh pendapatan dengan menjadi pelaku atau pun pekerja dalam sektor usaha tersebut.

Maka dari itu kita membahas mengenai UMKM didalam Modal Ventura Syariah ini. tercatat bahwa jumlah UMKM pada periode 2012 sebanyak 56.539.560 unit atau naik 2,41 persen dari periode sebelumnya di tahun 2011 yang berjumlah 55.211.396 unit.

Kenaikan jumlah ini seiring dengan kontribusinya dalam hal penyerapan tenaga kerja yakni sekitar 97,16 persen atau 107.657.509 orang. Sementara terhadap Produk Domestik Bruto, UMKM menyumbang sebesar 59,08 persen dalam periode yang sama.

Modal Ventura merupakan salah satu alternatif sumber pembiayaan bagi Pengusaha Pemula (startup) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

BACA JUGA:  Mengenal SGIE, Laporan Tahunan Ekonomi Halal Dunia

Modal Ventura Syariah merupakan model Modal Ventura dengan penerapan prinsip- prinsip syariah di dalam aktifitas pembiayaannya. Keberadaan Modal Ventura Syariah akan mendukung tumbuh kembang UMKM.

Dalam menjalankan bisnisnya, perusahaan modal ventura akan memberikan pembiayaan untuk perusahaan yang sudah feasible (layak) tetapi non bankable (tidak ada akses ke bank) dengan melalui beberapa tahap prosedur perusahaan. Peran perusahaan modal ventura syariah dalam mengembangkan UMKM. Penelitian dilakukan di PT PNM Ventura Syariah. Metode penelitian yang digunakan yakni Analytic Network Process (ANP).

Data diolah dengan menggunakan program SuperDecisions yang menghasilkan prioritas dari kriteria dan alternatif serta memberikan feedback yang dapat digunakan untuk menentukan pengambilan keputusan yang terbaik. Responden dalam penelitian berjumlah 7 orang pakar dari PT PNM Ventura Syariah yang memiliki pengetahuan atas permasalahan yang dikaji.

Hasil dari pengolahan data menggunakan ANP menunjukkan bahwa peran perusahaan modal ventura syariah dalam mengembangkan UMKM (studi kasus pada PT PNM Ventura Syariah) mempunyai kriteria prioritas berupa produk dengan bobot sebesar 0,240 atau 24,0% dan manajemen dengan bobot sebesar 0,193 atau 19,3%.

BACA JUGA:  DBS Foundation Hibahkan Rp8,2 Miliar bagi Empat Organisasi asal Indonesia

Sedangkan alternatif prioritas nya adalah dengan meningkatkan kualitas SDM, yaitu dengan bobot 0,297 atau 29,7% dan dengan melakukan penguatan modal yang memiliki bobot sebesar 0,259 atau 25,9%. Dalam UMKM di Kecamatan Medan Timur menunjukkan bahwa pendapatan UMKM di kecamatan medan timur memberikan hasil sebesar 0, 02< 0, 05.

Sehingga penyertaan modal ventura syariah berpengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM di kecamatan medan timur. Untuk itu hipotesis yang mengatakan penyertaan modal ventura syariah berpengaruh terhadap pendapatan UMKM di kecamatan medan timur dapat diterima.