Membangun Keluarga Harmonis dalam Perspektif Islam

DEPOKPOS – Keluarga selalu menjadi tempat pertama yang kita temui dikala suka maupun duka, selain itu dalam keluarga juga kita pertama kali belajar mengenai sesuatu. Dalam hidup ini tidak selalu terisi dengan kebahagiaan dan juga keharmonisan, namun ada juga kesedihan dan ketidakcocokan. Begitu pula dalam sebuah keluarga, dimana pada setiap anggota keluarga pasti ada saja ketidakcocokan. Dalam islam kita juga diajarkan untuk menghormati pendapat orang lain, dan hal tersebut merupakan salah satu hal untuk terwujudnya keluarga yang harmonis.

Menurut Nikmah, Sa’adah (2021) “Keharmonisan keluarga sesungguhnya terletak pada erat-tidaknya hubungan antar anggota keluarga, misalnya hubungan antara ayah dengan ibu, hubungan antara orangtua dengan anak, dan hubungan antar anak. Masing-masing anggota keluarga memiliki peran dalam menjaga keharmonisan hubungan satu sama lain.” Dengan begitu keluarga yang harmonis tidak akan terwujud tanpa adanya hubungan baik antar anggotanya.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Keberadaan Judi Online di Tengah Masyarakat Digital

Selain hal tersebut ada pula keharmonisan keluarga dalam pandangan islam seperti yang disampaikan oleh subairi dalam jurnalnya yang berjudul keharmonisan rumah tangga perspektif hukum islam. Ia menyatakan bahwa, Pengertian keharmonisan keluarga dalam perkawinan pada hakikatnya adalah sebuah ikhtiar manusia untuk memperoleh kebahagiaan hidup berumah tangga.

Berdasarkan pengertian tersebut, terdapat ciri-ciri dari keluarga yang harmonis dalam pandangan islam.

Adanya keseimbangan hak antara suami dan istri.
Seharusnya untuk membangun sebuah keluarga sakinah mawaddah dan rahmah, tidak boleh ada tingkatan antara posisi suami dan isteri. Misal, suami sebagai raja dalam rumah tangga isteri menjadi wakil kepala rumah tangga. Sehingga apapun yang diinginkan oleh suami kewajiban bagi isteri untuk melayaninya.

Pemeliharaan dan pendidikan anak
Apapun usaha yang dianggap bisa bermanfaat untuk kemajuan dan keberhasilan anak akan ditepuh dengan segala daya dan upaya, salah satu upaya tersebut dengan pendidikan untuk mengasah kecerdasan intelektual anak.

BACA JUGA:  Wajib Coba! Resep Sate Kambing Khas Padang

Membina hubungan baik antara keluarga besar pihak suami isteri dan masyarakat.
Menjaga dan memelihara hubungan baik dengan orang tua dan keluarga besar termasuk cara mempertahankan perkawinan. Selanjutnya, menjaga hubungan baik dengan masyarakat. Hubungan baik di lingkungan masyarakat ini bisa tercapai berawal dari kehidupan rumah tangga.

Keimanan bertambah
Maksud keimanan bertambah di sini selain suami dan isteri ketaatan kepada Allah dalam hal melaksanakan kewajibannya, juga dimaksudkan ketaatan kepada Allah dalam hal melaksanakan perintah-perintah yang disunnahkan terutama yang berhubungan dalam kehidupan rumah tangga. Misal, ketaatan kepada Allah berupa ungkapan rasa syukur suami dan isteri ketika menyambut kelahiran anak.

Sebagai sebuah keluarga inginnya kita juga perlu mengupayakan terciptanya keluarga yang harmonis, agar selalu terciptanya keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah. Biasanya, keluarga yang didalamnya telah tercipta keharmonisan akan selalu terasa ketenangan, ketentraman, kasih sayang. Berikut adalah langkah-langkah membangun sebuah keharmonisan sebuah keluarga, yaitu:

BACA JUGA:  Memaknai Kebudayaan di Era Digital

Membangun kesepahaman yang baik antar anggota keluarga
Bersikap toleran dan murah hati pada setiap anggota keluarga, terutama orangtua.
Bersikap tengah-tengah, wajar, dan proporsional tidak kurang dan tidak lebih.
Meluangkan waktu yang cukup untuk bersama keluarga.
ferorientasi pada prioritas keutuhan rumah tangga terutama bila menghadapi krisis rumah tangga.

Kira-kira begitulah bagaimana agar kita dapat membina keluarga yang harmonis, terutama dalam ajaran islam hal tersebut sangat disarankan. Islam adalah agama yang paling sempurna karena mengatur semua lini kehidupan termasuk konsep keluarga harmonis.

Putri Adelia Syahida
Universitas Muhmmadiyah Prof. Dr. Hamka

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait