Mahasiswa Universitas Pamulang Kenalkan MS Excel ke Anak-anak

DEPOKPOS – Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Software ini dikenal juga sebagai Microsoft Office Excel, MS. Excel atau sering disebut sebagai Excel saja. Pengenalan pembukuan sederhana melalui Microsoft Excel adalah cara untuk memberdayakan generasi muda dalam mengelola keuangan secara cerdas.

Dengan memanfaatkan MS Excel, peserta dapat memperoleh pengetahuan dan mengembangkan keterampilan dasar yang penting dalam manajemen keuangan serta untuk merencanakan dan melacak keuangan pribadi atau bisnis. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman tentang pengelolaan keuangan, mengoptimalkan penggunaan MS Excel sebagai alat bantu, dan menciptakan generasi yang lebih kompeten dalam menghadapi tantangan keuangan.

Kegiatan PMKM (Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat) yang dilaksanakan di Yayasan Aruna Surya Bestari pada tanggal 11 November 2023 bertempat di Jl. Pamulang Permai 1 Blok. A16 No.9 RT.003/RW.010, Pamulang Barat, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten. Dihadiri oleh Bapak Hendri Asmoro selaku Kepala Yayasan Aruna Surya Bestari, dan diikuti oleh 30 peserta yaitu anak-anak binaan Yayasan Aruna Surya Bestari.

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Pembahasan Materi PMKM kali ini diselenggarakan oleh Mahasiswa aktif Universitas Pamulang yang terdiri dari Chandra Ningsih selaku ketua kelompok, Dhea Jihan Aulya, Galuh Permata Sari dan Putri Safaria selaku anggota serta diawasi dan dibimbing oleh Dr. Rusdi S.P.,M.Si selaku Dosen Universitas Pamulang.

Dalam Kegiatan tersebut kami menyajikan dan Menjelaskan sebuah Informasi Materi mengenai Pengenalan apa itu Microsoft Excel serta Pemanfaatan Microsoft Excel itu digunakan dengan baik. Tidak hanya itu, kami juga membuka pelatihan untuk para siswa dengan laptop yang kami sediakan untuk belajar tentang menggunakan Microsoft Excel dengan baik dan benar terutama untuk kalangan di usia muda dalam membuat pembukuan keuangan sederhana.

Kemajuan dan perkembangan teknologi perangkat komputer yang sangat hebat serta dapat mengusai seluruh aspek kehidupan manusia, mau tidak mau kita wajib berusaha berdaptasi menggunakan perkembangan teknologi tersebut. Menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi atau yang dianggap menggunakan “melekteknologi”. Budaya “melekteknologi” dikalangan Remaja dan anak-anak tingkat SD,SMP dan SMA.

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Remaja dan anak-anak, tak melek teknologi media dapat mengurangi perannya dalam membantu pelajaran disekolahannya. Hakekat pembangunan nasional ialah Pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan rakyat Indonesia seluruhnya. Hal ini akan terwujud, apabila kesejahteraan keluarga dan rakyat dapat dilaksanakan menggunakan baik, diantaranya melalui gerakan pembelajaran seutuhnya.

Menyadari betapa pentingnya peran remaja dan anak-anak dalam meningkatkan Pembangunan masyarakat kedepan, khusus nya terkait dengan pembinaan pendidikan. Dalam kesempatan ini kami mahasiswi dan mahasiswa universitas pamulang dalam program pengabdian mahasiswa kepada masyarakat melaksanakan Pengenalan Microsoft Excel kepada anak-anak dan remaja di yaysan aruna surya bestari pamulang permai, Tangerang Selatan.

Tujuan program PMKM tentang Pengenalan Ms.Excel pada Siswa sebagai Sistem Pembukuan Keuangan dalam Meningkatkan Jiwa Mandiri dan Tanggung Jawab antara lain :

Memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar penggunaan Microsoft Excel dalam mengelola keuangan secara efektif
Meningkatkan pemahaman peserta terhadap manfaat dari penggunaan perangkat lunak Microsoft Excel dalam menjaga keuangan pribadi atau keluarga.
Mengajarkan teknik-teknik pengelolaan data keuangan dan analisis yang efektif menggunakan fungsi-fungsi Excel.
Memotivasi dan memberikan semangat kepada peserta untuk menjadi generasi cerdas yang mampu mengelola keuangan dengan baik dan memberikan manfaat bagi diri sendiri dan Masyarakat luas.

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Kegiatan ini dilakukan pada bulan November, dilakukan oleh anak-anak di Yayasan Aruna Surya Bestari Pamulang dan dibantu oleh para mahasiswi Universitas pamulang. Kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat mengenai pengenalam MS Excel sebagai sistem pebukuan bagi siswa merupakan peluang untuk meningkatkan keterampilan penggunaan perangkat lunak ini dan menciptakan sifat mandiri dan bertanggungjawab. Berikut ini adalah beberapa hasil dan pembahasan dari kegiatan tersebut: