Warga Depok Belum Punya BPJS Bisa Berobat Gratis, Ini Caranya!

Dengan adanya UHC, masyarakat dijamin mendapatkan layanan kesehatan pada pelayanan rumah sakit di kelas 3

DEPOK – Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Kota Depok akan menuju program Universal Health Coverage (UHC) mulai 1 Desember mendatang.

“Program UHC dilakukan karena Kota Depok sudah memenuhi standar minimal kepesertaan. Di Kota Depok, kepesertaan BPJS Kesehatan sudah mencapai 96,47 persen,” kata Idris di Balai Kota Depok, Senin (27/11/2023).

BACA JUGA:  Munggahan, Tradisi Betawi Jelang Ramadan yang Tetap Terjaga

Pemkot Depok menargetkan pada Desember 2023 peserta BPJS Kesehatan bisa mencapai 98 persen sehingga masyarakat Kota Depok yang sakit sudah pasti ditanggung BPJS.

“Program UHC merupakan komitmen pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat,” paparnya.

Dengan adanya UHC, masyarakat dijamin mendapatkan layanan kesehatan pada pelayanan rumah sakit di kelas 3, baik rumah sakit yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta secara gratis.

BACA JUGA:  Waspada! Kembali Beredar Pesan Penipuan Atas Nama Wakil Wali Kota Depok

“Deklarasi UHC sudah dilakukan. Kalau ada orang ber-KTP Depok sakit dan belum punya BPJS, bisa langsung ke rumah sakit. Nanti akan didaftarkan KTP-nya di kelas 3 sehingga langsung dapat BPJS,” tutur Idris.

Program ini tidak berlaku bagi warga yang sehat dan mampu secara ekonomi.

“Harapannya dengan program ini, transformasi kesehatan dari berbagai bidang bisa terealisasi, sehingga kolaborasi untuk mewujudkan hidup sehat di Kota Depok dapat terus berjalan,” ucapnya.