Peran Digitalisasi Akuntansi Terhadap Tingkat Efisiensi Pasar

DEPOKPOS – Pasar modal merupakan pasar atas beberapa instrumen keuangan jangka panjang yang menjalankan fungsi ekonomi dan keuangan. Informasi akuntansi memainkan peran penting dalam terbentuknya pasar modal yang efisien.

Pasar modal yang efisien dapat dicapai jika harga saham mencerminkan semua informasi yang relevan. Informasi akuntansi yang relevan dapat diperoleh dari laporan keuangan perusahaan melalui teknik analisis fundamental.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, informasi akuntansi yang akurat dan transparan sangat penting bagi investor dan pelaku bisnis karena informasi pada hakekatnya menyajikan keterangan, catatan atau gambaran, baik untuk keadaan masa lalu, saat ini maupun masa yang akan datang bagi kelangsungan hidup perusahaan dan bagaimana efeknya pada perusahaan.

Dalam konteks pasar modal, Investor memerlukan data yang akurat yang berasal dari laporan keuangan suatu perusahaan. Laporan keuangan perusahaan memiliki peran sebagai sumber informasi utama yang membantu dalam membuat keputusan investasi. P

BACA JUGA:  Integrasi 3 Pilar Bisnis Lancar, Laba Bersih ASSA Tumbuh 37% YoY

enting untuk menjaga agar laporan keuangan perusahaan disusun dengan cermat dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tujuan dari pengawasan ini adalah untuk mencegah manipulasi informasi yang dapat memengaruhi mekanisme pasar modal, yang berperan dalam menentukan harga saham di pasar modal, agar berjalan dengan transparan dan alami. Pasar modal efisien didefinisikan sebagai pasar yang harga sekuritas telah mencerminkan semua informasi yang relevan (Yusuf, 2023).

Terdapat tiga bentuk tingkat efisiensi pasar, yaitu pasar efisien bentuk lemah, pasar efisien bentuk semi-kuat, dan pasar efisien bentuk kuat. Pasar efisien bentuk lemah menyatakan bahwa harga aset saat ini mencerminkan semua informasi historis.

Dalam bentuk pasar efisien ini, investor tidak dapat memperoleh abnormal return dengan menggunakan informasi historis, karena informasi tersebut telah tercermin dalam harga saat ini. Implikasi dari pasar efisien bentuk lemah adalah bahwa analisis teknikal tidak dapat digunakan untuk menghasilkan abnormal return. Pasar efisien bentuk semi-kuat menyatakan bahwa harga aset saat ini mencerminkan semua informasi historis dan publik.

BACA JUGA:  BPH Migas Pastikan Kemudahan Distribusi BBM dengan Surat Rekomendasi

Dalam bentuk pasar efisien ini, investor tidak dapat memperoleh abnormal return dengan menggunakan informasi historis atau publik, karena informasi tersebut telah tercermin dalam harga saat ini. Implikasi dari pasar efisien bentuk semi-kuat adalah bahwa analisis fundamental tidak dapat digunakan untuk menghasilkan abnormal return. Pasar efisien bentuk kuat menyatakan bahwa harga aset saat ini mencerminkan semua informasi historis, publik, dan pribadi.

Dalam bentuk pasar efisien ini, investor tidak dapat memperoleh abnormal return dengan menggunakan informasi historis, publik, atau pribadi, karena informasi tersebut telah tercermin dalam harga saat ini. Implikasi dari pasar efisien bentuk kuat adalah bahwa insider trading tidak dapat digunakan untuk menghasilkan abnormal return (Dwipayana & Wiksuana, 2017).

Dalam pasar efisien, investor mengandalkan informasi keuangan untuk membuat keputusan investasi. Oleh karena itu, laporan keuangan harus akurat dan transparan agar investor dapat memperoleh informasi yang relevan.

BACA JUGA:  Perkara soal Warung Madura 'Dilarang' Buka 24 Jam, Berawal dari Keluhan Minimarket

Jika laporan keuangan tidak akurat atau transparan, investor dapat membuat keputusan investasi yang salah, yang dapat menyebabkan kerugian finansial. Dalam pasar efisien, analisis fundamental tidak dapat digunakan untuk menghasilkan abnormal return. Hal ini karena informasi fundamental telah tercermin dalam harga saat ini.

Oleh karena itu, analisis fundamental hanya dapat digunakan untuk memperkirakan kinerja perusahaan di masa depan, bukan untuk menghasilkan abnormal return. Dalam pasar efisien bentuk kuat, insider trading dilarang karena informasi pribadi telah tercermin dalam harga saat ini.

Oleh karena itu, insider trading tidak dapat digunakan untuk menghasilkan abnormal return. Jika seorang insider melakukan insider trading, maka dia melanggar hukum dan dapat dikenakan sanksi hukum. Dalam pasar efisien, perusahaan harus mengungkapkan informasi yang relevan dengan cepat agar investor dapat memperoleh informasi yang akurat dan tepat waktu.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait