Kegiatan Program Dosen Mengabdi Indonesia (DMI) 2023, Komunikasi Efektif Mewujudkan Kehidupan Masyarakat Harmonis

DEPOKPOS – Kegiatan dari Program Dosen Mengabdi Inovasi (DMI) 2023 digelar di Kelurahan Kampung Kajanan, Buleleng, Bali, pada 3-4 November 2023. Di salah satu lokasi yang dipilih DMI ini, mereka mengangkat tema “Komunikasi Efektif dan Sinergi untuk Meningkatkan Kesejahteraan”.

“Komunikasi yang efektif antar pihak dan lembaga menghilangkan adanya kesalahpahaman,” kata koordinator DMI Dr. Ir. Siti Amanah, M.Sc saat menyampaikan materi mengenai komunikasi efektif dan sinergi antar lembaga untuk kesejahteraan.

“Sebagai makhluk sosial, kita selalu berkomunikasi, baik itu di keluarga, dalam organisasi, dan lingkungan sekitar kita. Dalam mengembangkan komunikasi, konsep diri sangatlah penting,” katanya menambahkan.

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Siti Amanah, yang juga menjadi Ketua dari Rural Advisory Services for Southeast Asia (RASSEA), menjadi koordinator tim yang beranggotakan Titania Aulia, S.KPm, M.Si, serta Dr. Ir. Yayuk F Baliwati, MS, dosen dari Fakultas Ekologi Manusia IPB University. DMI ini dilakukan di bawah koordinasi Direktorat Pengabdian Masyarakat Agromaritim IPB University.

Sementara dalam paparannya, drg. Eliz Khalishah memberikan materi mengenai pola makan dengan menu Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA). Selain memaparkan B2SA, Eliz juga mendemontrasikan cara membaca porsimetris B2SA hasil kreasi Yayuk Baliwati.

B2SA merupakan aneka ragam bahan pangan bersumber dari karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Jika dikonsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan. Selain itu, tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan bagi kesehatan.

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Kegiatan DMI ini dihadiri Lurah Kelurahan Kajanan I Ketut Sudarsana, S.Sos, MAp beserta jajarannya. Hadir juga para kader PKK Kelurahan Kajanan sebagai mitra DMI, Tim Posyandu Kelurahan Kampung Kajanan, Ketua Lingkungan (Kaling), wakil Lembaga Masyarakat Desa (LMD), dan tokoh masyarakat setempat.

“Saya berharap, warga dapat mengadaptasi cara berkomunikasi yang efektif. Karena dengan komunikasi yang efektif, akan terwujud kehidupan masyarakat yang harmonis,” kata Sudarsana.

BACA JUGA:  Tim Tekari UGM Raih Prestasi di Malaysia Technology Expo

Sudarsana menekankankan pentingnya komunikasi efektif antarlembaga. Ia mengutip ucapan pendiri Taman Siswa, Ki Hajar Dewantara, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani. Seorang pemimpin itu harus dapat memberikan teladan yang baik bagi masyarakatnya,” kata dia.

Kegiatan DMI 2023 kali ini didukung oleh mahasiswa S2 dan S3 dari Fakultas Ekologi Manusia IPB University. Pelaksanaanya juga didukung Jasmine Salsabila Maharani, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar. (YR)*