Biadab! Rumah Sakit Anak Hancur Dibombardir Israel

Tak hanya RS Anak Al Nasr. Sebelumnya, Rumah Sakit Al Shifa yang berada di Gaza menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang menjadi target serangan Israel

GAZAPALESTINA – Militer Israel dilaporkan menyerang Rumah Sakit (RS) Anak Al-Nasr di Kota Gaza sebanyak dua kali pada Kamis (9/11).

Direktur RS Anak Al Nasr Mustafa al-Kahlout mengungkapkan serangan bom itu membuat rumah sakit hampir berhenti beroperasi karena fasilitas rusak parah.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah pesan SOS dari dalam Rumah Sakit Anak al-Nasr. Fasilitas kami diserang dua kali hari ini. Serangan pertama ditujukan ke gerbang, sedangkan serangan kedua ditujukan langsung ke bangsal rumah sakit. Bangunan-bangunan mengalami kerusakan besar,” ujar Mustafa seperti dilansir Aljazeera.

BACA JUGA:  Menlu Retno Dorong Negara G-8 Gunakan Pengaruhnya Bantu Palestina

Menurut Mustafa, ICU dan inkubator bayi baru lahir tidak memiliki pasokan oksigen.

“Seluruh rumah sakit mati listrik kecuali ICU, tempat saya berdiri sekarang. Saat ini, saya merawat delapan pasien. Jika listrik padam suatu saat, mereka pasti mati,” ujarnya.

Penembakan yang terjadi beberapa hari lalu juga sempat membuat listrik padam selama beberapa menit dan mengakibatkan seorang pasien ICU di sana tewas.

BACA JUGA:  Salimah Konsisten Dukung Palestina Merdeka

“Situasinya sangat mengerikan. Kami terdampar di sini. Tidak ada ambulans atau kendaraan lain yang dapat mengakses fasilitas tersebut. Ambulans apa pun yang menuju ke rumah sakit menjadi sasaran pesawat tempur Israel. Saat ini, terdapat satu korban yang mengalami pendarahan hebat di unit gawat darurat,” katanya.

Petugas medis, sambung Mustafa, bahkan tidak bisa mengirim pasien ke rumah sakit lain karena siapa pun yang masuk atau keluar rumah sakit menjadi sasaran.

“Sekali lagi, ini adalah pesan SOS kepada Palang Merah, Bulan Sabit Merah dan seluruh organisasi internasional untuk bertindak cepat tidak hanya untuk menyelamatkan pasien sekarat dan korban yang masih berada di ICU tetapi juga tim medis yang bekerja di rumah sakit ini,” ujarnya.

BACA JUGA:  Warga Palestina Tewas Akibat Serangan Israel di Gaza Tengah Bertambah jadi 210

Tak hanya RS Anak Al Nasr. Sebelumnya, Rumah Sakit Al Shifa yang berada di Gaza menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang menjadi target serangan Israel. RS tersebut bahkan dibombardir serangan udara dari Israel pada Rabu (8/11) malam.

Reuters melaporkan orang-orang yang berkumpul di luar rumah sakit terbesar di Gaza itu terlihat berlarian mencari perlindungan setelah suara dentuman menggelegar di sekitar RS.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait