Pemanfaatan Iptek Tentang Pengelolaan Keuangan Berniaga dan Menabung Sejak Dini

Seiring berjalannya waktu, ilmu pengetahuan dan teknologi semakin canggih dan mendukung terciptanya teknologi baru. Kemajuan teknologi telah memberikan dampak terhadap kehidupan dan tidak dapat dihindari karena ilmu pengetahuan dan teknologi membawa banyak manfaat dan mempermudah pekerjaan. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini, masyarakat perlu meningkatkan kemampuan dan keterampilannya agar mampu menyeimbangkan diri di era modern ini.

Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) telah berkembang sangat pesat diberbagai bidang, termasuk dunia usaha. Segala bentuk proses bisnis dapat dilakukan dengan mudah. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memudahkan para wirausaha untuk memperluas cakupan usahanya. Dengan berkembanganya ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia bisnis kini dapat mengjangkau target pasar yang lebih luas karena tidak dibatasi oleh letak geografisnya.

Pada kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 12 Oktober 2023 di SD Negeri Pondok Bahar 5, yang beralamat di Jl. Ciledug Indah ll Poncol, Peduren, Kec. Karang Tengah, Kota Tangerang, Prov. Banten diikuti oleh siswa siswi kelas 5C yang berjumlah 21 siswa. Pada kegiatan PMKM ini dilakukan oleh Dhea Mutmainah, Izrha Oktaviani, Sari Nur Kasanah, dan mendapat bimbingan dari Ibu Meta Nursita, S.E., M.Ak selaku Dosen Universitas Pamulang. Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Wiwin Marlianih, S.Pd. selaku kepala sekolah dan Ibu Dian Haristina. S.Pd. sebagai wali kelas 5C. Tujuan diadakannya kegiatan ini, untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi terkait pemanfaatan teknologi dalam berniaga, mengelola keuangan dan pentingnya menabung.

BACA JUGA:  Bank Muamalat Bersama BMM Resmikan Program Beasiswa Sarjana Muamalat

Pada kegiatan ini kami memberikan pengertian pada para murid untuk memanfaatkan teknologi sebagai tempat pemasaran produk mereka dan mengajarkan bagaimana memanfaatkan teknologi untuk mengelola keuangan dalam berniaga serta manfaat menabung. Pada akhir kegiatan dilakukannya evaluasi untuk mengukur tingkat pemahaman siswa-siswi kelas 5C tentang pemahaman memanfaatkan teknologi untuk mengelola keuangan dalam berniaga serta manfaat menabung melalui proses tanya jawab. Dari hasil evaluasi kegiatan menunjukan bahwa siswa-siswi telah memahami materi yang disampaikan mahasiswa terkait mengelola keuangan dalam berniaga dan menabung melalui pemanfaatan teknologi. Selain itu, siswa-siswi juga mampu untuk membedakan pendapatan dan pengeluaran dalam berniaga. Tidak lupa juga memberikan hadiah kepada siswa-siswi yang telah menjawab pertanyaan dari mahasiswa.

BACA JUGA:  Bank Muamalat Bersama BMM Resmikan Program Beasiswa Sarjana Muamalat

Jiwa kewirausahaan perlu ditanamkan sedini mungkin terutama pada siswa-siswi yang telah memasuki sekolah dasar. Penanaman jiwa kewirausaahan pada siswa-siswi sekolah dasar dapat dilakukan dengan berbagai cara dan strategi seperti market day atau pasar anak.

Penggunaan teknologi dapat membantu untuk melakukan promosi produk. Melalui teknologi, pemasaran maupun promosi suatu produk dapat dilakukan dengan mudah dan memiliki target pasar yang lebih luas. Dengan mengunggah produk di sosial media, target pemasaran akan lebih banyak. Selain itu, pembeli dan penjual tidak perlu bertemu dan bertransaksi secara langsung sehingga mengurangi biaya transportasi.

BACA JUGA:  Bank Muamalat Bersama BMM Resmikan Program Beasiswa Sarjana Muamalat

Dengan menanamkan jiwa kewirausahan siswa-siswi, diharapkan siswa-siswi dapat mengelola keuangan secara bijak dan dapat mengatur pengeluaran keuangan dengan baik serta diharapkan siswa-siswi mampu mencapai puncak kehidupan yang tertinggi sesuai dengan kemampuan minat bakat dan kebutuhan siswa-siswi.

Penulis :

Mahasiswa Universitas Pamulang Prodi S1-Akuntansi.
Dhea Mutmainah
Izrha Oktaviani
Sari Nur Kasanah
Ditha Putria