Memahami Dampak Perkembangan dalam Aspel Sosial – Emosional Pada Anak

DEPOKPOS – Saat ini, kehidupan manusia mulai dari orang dewasa hingga anak-anak tidak lepas dari kemajuan teknologi, mengingat zaman sudah berkembang pesat. Keberadaan teknologi telah mempengaruhi masyarakat dan lingkungan disekitarnya seiring dengan perkembangan zaman. Penggunaan teknologi yang berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental anak.

Kecanduan teknologi dapat menyebabkan masalah tidur, kurangnya aktivitas fisik dan sosial.  Namun, teknologi juga bisa menjadi alat yang berguna untuk pendidikan dan perkembangan anak.  Penggunaan teknologi yang tepat dapat meningkatkan keterampilan kognitif, motorik, dan sosial anak.

Bacaan Lainnya

Dalam era modern yang semakin terkoneksi dan teknologi yang terus berkembang, dampak teknologi dalam aspek sosial pada anak menjadi perhatian utama. Karena anak – anak masa kini tumbuh dalam lingkungan dimana perangkat digital dan internet adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari – hari.

BACA JUGA:  Korlantas Polri Uji Coba Kirim Surat Tilang Melalui Aplikasi WhatsApp

Kegiatan PMKM ini dilaksanakan di SD Negeri Pondok Bahar 5 pada tanggal 12 oktober 2023 yang beralamat di jalan Ciledug Indah II Poncol, Pedurenan, Kec. Karang Tengah, Kota Tangerang, Prov. Banten. Diikuti oleh 24 pesesrta yaitu siswa-siswi kelas V d SD Negeri Pondok Bahar 5. Penyampaian materi PMKM ini dilakukan oleh mahasiswa aktif Universitas Pamulang yang terdiri dari Atika Yatno, Riskiani, Suci Wahyuni Putri, Yustiana Novita Sari, serta diawasi dan dibimbing oleh ibu Meta Nursita, S.E, M.Ak. selaku dosen Universitas Pamulang.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada siswa-siswi SD Negeri Pondok Bahar 5 mengenai Dampak teknologi kepada mereka dengan harapan dapat menambah ilmu pengetahuan. Dengan mempelajari teknologi, ini merupakan langkah awal dalam membantu siswa-siswi menghadapi tantangan yang dihadapi di era digital ini. Dengan memanfaatkan sisi positif dari perkembangan teknologi di kehidupan sehari – hari dan meminimalkan sisi negatifnya.

BACA JUGA:  Prodi Kedokteran UGM Masuk Ranking 359 Dunia

Pertama, perlu diakui bahwa teknologi telah mempengaruhi cara siswa-siswi berinteraksi satu sama lain. Gadgets dan media sosial memungkinkan mereka untuk terhubung dengan teman – teman secara virtual. Namun, sering kali ini mengurangi interaksi langsung yang sangat penting dalam perkembangan sosial. Hal ini dapat mengakibatkan masalah seperti interaksi sosial, kesulitan dalam memahami ekspresi wajah dan emosi orang lain, serta masalah dalam membangun hubungan interpersonal yang sehat.

Selain itu, dampak teknologi pada aspek emosional siswa-siswi juga patut diperhatikan. Paparan terhadap konten online yang tidak sesuai atau berbahaya, dapat mempengaruhi kesejahteraan emosional anak. Hal ini berdampak pada kecemasan, depresi, dan masalah kesehatan mental lainnya.

Teknologi memiliki peran penting dalam kehidupan generasi saat ini. Tetapi kita perlu memahami dampaknya pada aspek sosial dan emosional. Dengan pendekatan bijak, kita dapat membantu mengembangkan keseimbangan sehat antara dunia maya dan dunia nyata serta tumbuh menjadi individu yang kuat secara emosional dan sosial. Mengajarkan siswa-siswi bagaimana menggunakan teknologi dengan bijak dan mendukung perkembangan sosial dan emosional mereka adalah tugas yang krusial dalam dunia yang semakin terhubung ini.

BACA JUGA:  Pesantren Nuu Waar AFKN Asah Santri Public Speaking

Pada kegiatan ini, dengan pemahaman yang mendalam tentang peran teknologi dalam kehidupan siswa-siswi, kita dapat membantu mereka tumbuh dan berkembang dengan baik dalam dunia digital yang terus berubah. Teknologi adalah alat yang kuat, tetapi harus dikelola dengan bijak agar tidak mengganggu perkembangan sosial dan emosional siswa-siswi. Memahami dampak teknologi adalah langkah pertama menuju penggunaan teknologi yang sehat dan seimbang.

Atika Yatno
Riskiani
Suci Wahyuni Putri
Yustiana Novita Sari

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait