Meningkatkan Pemahaman Rakyat untuk Pemilihan Wakil Rakyat pada Lembaga Legislatif

Oleh Alamanda Ardana, Mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta
Program Studi Administrasi Pembangunan Negara

GAMBARAN MENGENAI DEMOKRASI DI INDONESIA

Bacaan Lainnya

Demokrasi di Indonesia memberikan kesempatan bagi semua rakyatnya untuk turut serta dalam menjalankan pemerintahan demi terciptanya kehidupan bernegara yang didambakan. Memang tidak semua rakyat akan menduduki instansi pemerintahan, akan tetapi mereka yang masuk ke dalam dunia pemerintahan benar-benar harus mewakili semua rakyat, baik dari segi visi ataupun semangat dalam membangun negeri. Namun, sudahkah wakil rakyat di Indonesia benar-benar mewakili rakyatnya?

PROBABILITAS TIMBULNYA KESADARAN MASYARAKAT UNTUK MENGENAL CALON PERWAKILANNYA

Salah satu penerapan demokrasi yang sangat menentukan masa depan negara adalah pemilihan wakil rakyat atau biasa dikenal dengan sebutan pemilihan umum (pemilu), yang diselenggarakan mulai dari tingkat daerah hingga tingkat nasional. Melalui pemilu, rakyat memilih orang-orang yang dianggap sebagai manusia terbaik di wilayahnya untuk menjadi perwakilannya yang akan mengatur sistem pemerintahan. Anggapan rakyat terhadap kualitas para calon perwakilannya dipengaruhi oleh berbagai sumber informasi, seperti kabar burung (omongan orang-orang di dunia nyata/maya) dan media massa, baik yang bersifat cetak maupun digital.

Secara umum, rakyat akan lebih mudah menentukan pilihan pada pemilu untuk lembaga eksekutif, contohnya adalah pada pemilihan presiden & wakil presiden serta gubernur & wakil gubernur. Dalam pemilu-pemilu itu, “beban” rakyat untuk mengenali para calon pemimpinnya tidak terlalu berat karena informasi-informasi hanya dititikberatkan pada kuantitas calon yang biasanya hanya berjumlah dua hingga tiga pasangan. Semua pasangan calon tersebut berkompetisi untuk meraih satu tempat tertinggi dalam suatu wilayah sehingga kesadaran masyarakat untuk mengenali profil, visi, misi, dan kompetensi para pasangan calon memiliki probabilitas yang cukup besar untuk timbul.

Berbeda halnya dengan pemilihan wakil rakyat untuk lembaga legislatif, seperti Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tingkat Provinsi, dan DPRD Tingkat Kabupaten/Kota. Di antara lembaga-lembaga legislatif yang telah disebutkan di atas, DPRD Tingkat Kabupaten/Kota merupakan lembaga dengan kuantitas kursi anggota terendah. Salah satu contoh ada di Kota Depok, yang memiliki jumlah anggota sekitar 50 orang pada periode 2019-2024. Berdasarkan data dari Pengumuman Nomor 386/PL.01.4-Pu/3276/2023 yang dikeluarkan pada 19 Agustus 2023 oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Kota Depok, pada Daerah Pemilihan (Dapil) 1 saja, sudah ada sekitar 94 calon sementara anggota DPRD Kota Depok dalam Pemilu 2024. Jumlah tersebut dapat dikatakan sangat besar, khususnya bagi rakyat sebagai pemilih untuk mengenali profil, visi, misi, dan kompetensi masing-masing calon anggota DPRD Kota Depok.

UPAYA CALEG UNTUK BISA DIKENAL OLEH RAKYAT

Berbagai upaya dilakukan oleh para calon anggota legislatif untuk bisa dikenal oleh rakyat. Beberapa calon bertemu langsung dengan rakyat dan memberikan kontribusi untuk program-program di sekitar, serta ada juga yang mempromosikan diri melalui pemasangan baliho, pamflet, dan stiker kampanye di beberapa tempat. Segala upaya kampanye yang dilakukan oleh para caleg membutuhkan biaya yang tak sedikit. Dilansir dari CNBC Indonesia, Prajna Research Indonesia pernah melakukan penelitian mengenai besaran modal yang perlu disiapkan ketika menjadi caleg. Berdasarkan penelitian tersebut, calon anggota DPR RI memerlukan modal sekitar Rp 1 miliar – Rp 2 miliar, keperluan modal calon anggota DPRD Tingkat Provinsi sekitar Rp 500 juta – Rp 1 miliar, dan calon anggota DPRD Tingkat Kabupaten/Kota memerlukan modal sekitar Rp 250 juta – Rp 300 juta. Bahkan menurut Ketua Umum Partai Kebangkitan Nasional (PKB) saat ini, Muhaimin Iskandar, modal yang beliau perlukan untuk bisa menjadi anggota DPR RI mencapai Rp 40 miliar.

USAHA CALEG UNTUK DIKENALI OLEH RAKYAT MASIH BELUM BERHASIL

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait