Dorong Peningkatan Penelitian, UI Jalin Kerjasama dengan Osaka University

UI kembali memperluas kemitraan dengan Jepang melalui kerja sama pendidikan dan penelitian dengan Osaka University

DEPOKPOS – Di era yang penuh perubahan dan tantangan, upaya globalisasi pendidikan tinggi dan penelitian menjadi semakin penting. Hal ini dapat dicapai melalui kolaborasi internasional antara universitas. Melalui kemitraan lintas negara ini, penelitian yang lebih mendalam dapat dilakukan serta membuka peluang baru untuk inovasi dan penemuan yang dapat mengatasi masalah terkini di lingkup global.

Guna membuka kesempatan penelitian yang lebih menyeluruh, Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI) kembali memperluas kemitraan dengan Jepang melalui kerja sama pendidikan dan penelitian dengan Osaka University. Setelah sebelumnya bekerja sama dengan Joining and Welding Research Institute Osaka University, kali ini FTUI menandatangani kerja sama dengan Graduate School of Engineering Science/ School of Engineering Science Osaka University.

Bacaan Lainnya

Kolaborasi ini difokuskan pada kegiatan pertukaran pelajar dan faculty exchange untuk memfasilitasi para staf pengajar dan peneliti FTUI ke Osaka University. Program pertukaran tersebut membuka pintu bagi mahasiswa dari kedua institusi untuk mendapatkan pengalaman belajar dan riset di lingkungan akademik yang berbeda. Hal ini tentunya membantu kedua belah pihak mengembangkan wawasan multikultural, kemampuan berbahasa, dan koneksi profesional yang berharga. Selain itu, kerja sama ini akan memfasilitasi pertukaran penelitian antara dua institusi, yang akan memungkinkan peneliti FTUI dan Osaka University berkolaborasi dalam proyek-proyek ilmiah yang inovatif dan berdampak.

Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., Dekan FTUI, mengatakan bahwa Osaka University memiliki tradisi akademis dan penelitian interdisiplin yang kuat. “Ini akan menciptakan kesempatan bagi dosen FTUI untuk mengajar di lingkungan akademik yang berbeda, menghadirkan perspektif baru dalam pengajaran, serta berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di kedua institusi. Selain itu, pertukaran staf pengajar ini juga akan mendorong kolaborasi dalam proyek penelitian yang lebih mendalam, merangsang inovasi, dan menghasilkan penemuan-penemuan baru yang dapat memberikan dampak positif dalam skala global. Kerja sama dengan universitas terbaik dunia yang menempati peringkat 80 versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2024 ini, adalah contoh nyata dari upaya globalisasi pendidikan tinggi dan penelitian,” kata Prof. Heri.

Sementara itu, Dekan Graduate School of Engineering Science/School of Engineering Science Osaka University, Prof. Shigeo Wada, menyambut hangat rencana kolaborasi dengan FTUI. Prof. Shigeo mengatakan, “Kerja sama dengan FTUI adalah langkah yang sangat penting bagi kami. Osaka University dan FTUI memiliki sejarah panjang kerja sama dan masing-masing universitas memiliki pengalaman dan keahlian yang kuat di berbagai bidang ilmu teknik. Kami yakin kolaborasi ini akan menghasilkan pencapaian ilmiah yang signifikan.”

Rencana kolaborasi antara Osaka University dan FTUI tersebut disahkan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU. dan Prof. Shigeo Wada di Osaka University, pada Kamis (14/9). Turut hadir mewakili FTUI dalam seremoni tersebut adalah Kepala Unit Wirausaha Inovasi dan Kepala Reverse Engineering Center, Dr. Muhamad Sahlan, S.Si., M.Eng., yang disambut oleh Prof. Hiroshi Umakoshi dan Prof. Shinji Deguchi dari Osaka University.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait