Fakultas Filsafat UGM Resmikan Laboratorium Kewirausahaan dan Co-working Space Mahasiswa

DEPOKPOS – Rektor Universitas Gadjah Mada, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG (K), Ph.D., meresmikan ruang co-working space untuk kegiatan kemahasiswaan di Fakultas Filsafat sekaligus meninjau pembukaan laboratorium kewirausahaan, Jumat (18/8) di Gedung Fakultas Filsafat. Peresmian laboratorium dan co-working space mahasiswa ini didampingi oleh Dekan Fakultas Filsafat, Dr. Siti Murtiningsih, dan Executive Vice President Regional IV Jateng-DIY PT Pos Indonesia, Helly Siti Halimah.

Rektor UGM menyambut baik diresmikannya laboratorium kewirausahaan Fakultas Filsafat yang bernama Archipelago Cafe tersebut. Ia berharap kehadiran laboratorium tersebut makin menumbuhkan semangat dan minat mahasiswa dalam bidang kewirausahaan.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  UI dan University of Dar Es Salaam Kembangkan Sumber Daya Energi dan Mineral Berkelanjutan

Dalam dialog dengan Perwakilan UKM Fakultas Filsafat, Rektor juga mengapresiasi dibangunnya fasilitas co-working space untuk wadah mahasiswa dalam berorganisasi sekaligus menyalurkan minat dan bakatnya dalam kegiatan olahraga dan seni. Menurutnya, ruang co-working space sejalan dengan program UGM untuk meningkatkan semangat kolaborasi dan sinergi antar mahasiswa. “Kita ingin membangun kolaborasi interprofesional di kalangan mahasiswa. Kolaborasi dan sinergi itu harus dibangun sejak dari pendidikan di kampus, tidak bisa hanya cukup berkolaborasi setelah lulus dan bekerja,” ujarnya.

Semangat membangun kolaborasi antar UKM ini, kata Rektor, secara tidak langsung akan membangun karakter mahasiswa yang terbawa hingga setelah lulus. “Saya yakin adanya fasilitas seperti ini akan mempertebal karakter mahasiswa dalam berkolaborasi. Sekali lagi, adanya coworking space melahirkan banyak karya mahasiswa Filsafat yang berkualitas,” ujarnya.

BACA JUGA:  Edukasi Properti Sejak Dini, UI Resmikan Marketing Lounge Podomoro Golf View

Sementara Dekan Filsafat UGM, Dr. Siti Murtiningsih, mengatakan ruangan co-working space ini menjadi tempat bertemunya para mahasiswa antar unit UKM . Ia mengharapkan mahasiswa juga makin bersemangat dalam menjalankan aktivitas kegiatan intrakurikuler di kampus. “Kita ingin mahasiswa makin bersemangat dengan adanya tempat baru ini dan makin memberikan kontribusi maksimal bagi Filsafat dan UGM,” jelasnya.

Sebelumnya dalam peresmian Laboratorium Kewirausahaan Archipelago Cafe, Dekan Siti Murtiningsih mengatakan laboratorium kewirausahaan seluas 7×9 meter persegi yang berada di lantai satu sayap timur Fakultas Filsafat ini bertujuan menumbuhkan semangat berwirausaha di kalangan mahasiswa untuk mengembangkan ide dan inovasi bisnis yang lebih kreatif. “Harapannya tidak sekedar tempat menikmati secangkir kopi dan makanan lezat tapi sarana mahasiswa belajar secara mandiri mengembanghakan jiwa kewirausahaan,” katanya.

BACA JUGA:  UI Gelar Webinar Proteksi Penggunaan Tokok Elektrik di Kalangan Anak-anak dan Remaja

Sementara Executive Vice President Regional IV Jateng-DIY PT. Pos Indonesia, Helly Siti Halimah, menuturkan dukungan PT. Pos Indonesia pada Laboratorium Kewirausahaan Fakultas Filsafat UGM sebagai bentuk kontribusi perusahaan milik negara tersebut dalam penguatan pendidikan dan pengajaran di lingkungan perguruan tinggi.“Semoga laboratorium ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” harapnya.

Ia mengunformasikan bahwa laboratorium kewirausahaan ini juga membuka jasa layanan pengiriman surat, barang hingga pengiriman dan pembayaran uang secara digital. “Laboratorium ini kami berikan fasilitas layanan dari produk Pos Indonesia sehingga mahasiswa dan mitra usaha online bisa menggunakan layanan Pos,” katanya.

Penulis : Gusti Grehenson
Foto : Donnie Tristan

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait