Peran Asuransi Syariah di Indonesia

Peran Asuransi Syariah di Indonesia

Asuransi syariah merupakan jenis asuransi yang menggunakan syariat islam sebagai dasar hukumnya, yaitu dengan akad tabarru’ (tolong-menolong) dengan sesama peserta asuransi ketika mengalami musibah. Asuransi syariah juga sering disebut sebagai takaful yang berarti saling memikul dan menanggung risiko antar sesama peserta asuransi, dimana kontribusi yang disetorkan akan menjadi jaminan untuk menanggung risiko tersebut yang timbul.

Fungsi asuransi syariah secara umum memiliki kesamaan dengan asuransi kovensional yaitu untuk mendapatkan jaminan untuk musibah/risiko dimasa yang akan datang. Namun, tentunya kita sebagai umat muslim yang taat maka lebih tepat untuk menggunakan asuransi syariah yang akan bernilai ibadah dimata Allah SWT. Sebagaimana kita ketahui bahwa asuransi syariah menggunakan akad tabarru’ yang mana manfaatnya bukan hanya dirasakan untuk perseorangan, namun juga untuk sesama pesrta asuransi yang membutuhkan. Begitupun dengan konsep sharing risk (berbagi risiko) yang berbeda dengan asuransi konvensional yang menggunakan konsep transfer risk (memindahkan risiko), dalam hal ini maka konsep sharing risk dapat meningkatkan investasi dan perekonomian masyarakat secara tidak langsung.

BACA JUGA:  Mewujudkan Masyarakat Digital yang Cerdas dan Bertanggung Jawab di Indonesia: Tantangan dan Peluang di Era Transformasi Digital

Asuransi syariah memiliki peran penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang nantinya berdampak dalam membangun perekonomian. Dengan konsep kebersamaan yang digunakan dalam memberikan kontribusi/premi dan kebersamaan pula dalam menanggung risiko yang timbul. Dalam praktiknya, kontribusi/premi yang diterima dair peserta akan diinvestasikan dalam hal-hal produktif dengan akad mudharabah. Dengan begitu sektor riil dalam perekonomian negara dapat berkembang. Asuransi syariah juga berperan dalam pembangunan nasional dan program pemerintah dalam bidang infrastruktur yang sumber pendanaan berasal dari kontribusi peserta asuransi. Tetapi dalam asuransi syariah sumber pendanaanya menggunakan sistem jangka panjang.

BACA JUGA:  Imam al-Ghazali tentang Mekanisme Pasar dalam Ekonomi Islam

Sejauh ini asuransi syariah menghasilkan dampak positif dalam sektor pembangunan umat. Hal tersebut juga dibarengi dengan peningkatan perkembangan asuransi syariah. Dalam hal tersebut dapat disimpulkan bahwa masyarakat memiliki dukungan yang baik dan pemerintah juga mendukung terhadap perkembangan asuransi syariah. Adapun produk yang ditawarkan tidak ditujukan hanya untuk masyarakat muslim, tetapi juga untuk masyarakat non-muslim. Maka dari itu, posisi asuransi syariah akan memiliki dampak yang signifikan pada pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Dan untuk memenuhi hal tersebut diperlukan pula sumber daya manusia yang professional yang akan menciptakan lowongan kerja. Dan untuk menciptakan sumber daya manusia yang professional dibutuhkan lembaga atau institusi untuk melakukan pelatihan yang baik pula.

Peran asuransi syariah dalam masyarakat yaitu mengalihkan risiko finansial dari musibah yang terjadi sebagai bentuk perlindungan diri sendiri maupun keluarga. Skema yang terjadi dalam asuransi syriah adalah subsidi silang antar peserta asuransi satu dengan yang lainya, karena sebgaian dana kontribusi yang diterima merupakan dana tabarru’ (kolektif). Peran asuransi syariah dalam bidang usaha dapat meningktkan produktivitas dan juga loyalitas karyawan, dikarenakan mendapatkan perawatan Kesehatan yang maksimal. Hal tersebut juga dapat meringankan tanggung jawab perusahaan dalam mengelola dana kesehatan karyawan menjadi lebih efisien.

BACA JUGA:  Menanggulangi Ancaman Keamanan Siber: Upaya Penguatan Kapasitas SDM dan Infrastruktur

Dari berbagai penjelasan tentang asuransi syariah diatas, maka dapat disimpulkan bahwa prospek perkembangan asuransi syariah di Indonesia diharapkan dapat berkembang pesat yang nantinya akan mempengaruhi peranya sebagai salah satu elemen pembangunan prekonomian di Indonesia.

Yusuf Shalauddin, STEI SEBI

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait