Digital Detox, Menjaga Kesehatan mental di Era Digital

Digital Detox, Menjaga Kesehatan mental di Era Digital

Apakah anda merasa cemas saat tidak menggunakan perangkat gadget dalam waktu yang lama? Atau pernahkah anda mengalami gangguan tidur karena terlalu lama menggulir Media Sosial? Atau merasa sedih dan kecewa saat postingan yang anda unggah mempunyai like yang sedikit? Jika jawabannya ya, maka anda perlu digital detox.

Digital detox adalah periode waktu ketika kita tidak menggunakan perangkat digital untuk sementara waktu. 3 hari, 1 minggu, bahkan 1 bulan misalnya. Digital detox dapat dilakukan dengan cara membatasi waktu penggunaan media sosial, menghapus aplikasi media sosial dari perangkat seluler, atau bahkan tidak menggunakan gadget sepenuhnya untuk jangka waktu tertentu.

Ada banyak sekali hal – hal keuntungan yang bisa didapatkan di media sosial, contohnya seperti memberi dukungan, merasa tidak terlalu kesepian, berbagi ide, merasa dipahami, dan memiliki rasa kebersamaan. Namun, penggunaan gadget dan sosial media yang terlalu berlebihan dapat mengakibatkan meningkatnya kegugupan dan kesedihan, dan merasa rendah diri.

Berikut adalah 5 tips untuk menjaga kesehatan mental yang lebih baik saat kita aktif menggunakan gadget dan media sosial.

Memantau waktu screen-time.
Catat berapa banyak waktu yang anda habiskan di media sosial

Lebih selektif
Anda harus lebih selektif dengan orang – orang yang berhubungan dengan anda di media sosial sebelum memulai hubungan baru dengan orang – orang di media sosial, luangkan waktu sejenak dan bertanya pada diri anda sendiri apakah hubungan ini adalah sesuatu yang saya butuhkan atau inginkan?

Istirahat dari media sosial
Pilihlah hari dalam satu minggu dimana anda fokus untuk menikmati hidup anda tanpa media sosial. Memang tidak mudah, tetapi ini adalah hal yang penting bagi kesehatan mental anda.

Sadarlah mengapa anda menggunakannya.
Berusahalah mempertanyakan apakah anda meggunakan media sosial untuk melarikan diri atau untuk terhubung? Jika anda menghabiskan terlalu banyak waktu menggunakannya sebagai pelarian, itu pertanda bahwa anda harus istirahat sejenak.

Batasi dimana dan kapan menggunakan gadget
Kurangi penggunaan gadget saat makan, dan pastikan anda tidak menggunakannya saat berbicara dengan orang lain. Lalu, pastikan juga untuk menjauhi atau bahkan mematikan perangkat gadget anda minimal satu jam sebelum tidur.

Dengan mempraktikan tips ini, semoga anda dapat mengontrol waktu anda dan kesehatan mental anda meningkat. Ini memang tidak selalu mudah, tetapi mengatur penggunaan media sosial anda adalah salah satu dari banyak teknik yang bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan mental anda untuk tetap ada di jalur yang benar.

Aura Shafinka
UNIVERSITAS PAMULANG

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait