Health  

Risiko Konsumsi Makanan Kadaluarsa

DEPOKPOS – Sebagian besar semua produk makanan memiliki tanggal kedaluwarsa, sehingga dapat membantu penjual dan konsumen mengetahui berapa lama produk yang aman untuk dikonsumsi. Makan makanan basi/kadaluwarsa dapat meningkatkan risiko anda terkena penyakit.

Hindari keracunan makanan dari makanan yang sudah berjamur

Makanan yang mudah rusak adalah yang mungkin akan menyebabkan keracunan makanan. Tapi makanan yang sudah melewati tanggal penjualannya bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Ingatlah untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa sebelum anda membelinya dari supermarket. Dan jika Anda melihat ada makanan yang kedaluwarsa, lebih baik dipisahkan ketempat yang berbeda atau lebih baik dibuang ke tempat sampah.

Makanan yang seharusnya tidak boleh Anda konsumsi setelah tanggal kadaluwarsa

Mengonsumsi makanan yang sudah berjamur bisa berbahaya karena mengandung berbagai bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan . Simpan makanan dengan benar untuk menghindari bakteri yang akan masuk kedalam makanan .

Efek makanan yang sudah berjamur

Mengkonsumsi makanan yang sudah berjamur tidak boleh karena akan menyebabkan penyakit serius seperti keracunan makanan, sehingga dapat menyebabkan penyakit ringan hingga berat tergantung dengan bakteri yang ada. Gejala gastrointestinal penyakit bawaan makanan mungkin termasuk sakit perut yang parah, muntah dan diare, disertai demam, menggigil, sakit kepala dan pusing.

Makanan segar lebih baik

Meskipun makanan kedaluwarsa yang Anda makan aman, rasanya mungkin tidak selezat makanan yang tidak kedaluwarsa. Seiring waktu, kualitas makanan menurun dan rasanya berkurang.Tetapi mungkinan makanan kadaluwarsa akan ada tumbuh jamur/sudah jamuran dan tidak layak dikonsumsi rasanya juga sudah tidak enak.

FEBRINA NUR ALAWIYAH
Mahasiswa Prodi Keperawatan Universitas Binawan