Dunia  

“Rusia – Dunia Islam: KazanForum” akan Kembali Digelar

DEPOKPOS – Pada tanggal 18-20 Mei di ibu kota Republik Tatarstan di lokasi Balai pameran internasional Kazan Ekspo Forum ekonomi internasional ХIV “Rusia – Dunia Islam: KazanForum” akan diselenggarakan.

“Rusia – Dunia Islam: KazanForum” — adalah acara yang penting untuk interaksi usaha di antara Rusia dan negeri-negeri dunia Islam. Tujuan forum ini adalah perkuatan hubungan di bidang ekonomi, dagang, ilmiah, teknis, pendidikan, sosial, dan budaya di antara berbagai daerah Rusia dan negeri-negeri Organisasi Kerjasama Islam dengan 57 negara anggotanya.

Pada tahun 2022 KazanForum menyatukan lebih dari 6000 wakil organisasi internasional, pihak pemerintahan, institusi finansial, anggota parlemen, investor dan usahawan yang penting, manajer puncak dari purusahaan Rusia dan perusahaan asing dari 64 negara, dan 35 misi diplomatik, semuanya disatukan dalam satu platform ini.

Dalam rangka KazanForum-2023 direncanakan lebih dari dua ratus acara termasuk lebih dari 140 sesi tematik. Dalam program diskusi pakar: keuangan Islam dan industry halal, kerjasama internasional, logistik, industri, pembangunan berkelanjutan dan ESG, teknologi canggih, inovasi dan investasi, kewirausahaan untuk pemuda, UMKM, perspektif wanita, pendidikan, kedokteran, olahraga, dan lain-lain sebagainya. Setiap trek tematik tersebut diperkirakan adanya dari 3 sampai 10 sesi.

BACA JUGA:  AS Disebut Segera Kembali Pasok Senjata ke Israel Senilai 1 Juta Dolar

Salah satu topik yang terpenting: pengembangan mekanisme keuangan Islam di Rusia. Sebagai hasil diskusi pakar pada KazanForum 2022, AK Bars Bank untuk pertama kalinya mempertunjukkan kartu debit Islam yang berdasarkan system pembayaran «Mir», selain itu Sber membuka kantor keuangan syariah mitra yang pertama di ibu kota Tatarstan, ini memberi kesempatan untuk memperoleh hipotek syariah.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya peserta Forum – 2023 akan membahas kemungkinan untuk meluaskan proyek percontohan ini ke daerah yang lain dan juga transisi ke sistem akreditasi lembaga yang Bersatu melalui sertifikasi halal di Rusia.

“Mencontohkan Tatarstan, kami berusaha untuk menyempurnakan mekanisme interaksi praktis dengan bisnis Islam. Prospek besar akan dibuka di bidang perkembangannya ekonomi Islam. Khususnya, industri makanan berkembang pesat, yaitu halal, wisata halal, dan ilmu kedokteran yang halal,” kata Rustam Minnihanov, Rais Republik Tatarstan.

BACA JUGA:  Barbados Resmi Akui Palestina sebagai Negara

Pakar KazanForum – 2023 memperhatikan khusus perkembangan koridor transportasi dan logistic yang internasional sebagai syarat penting untuk hubungan ekonomi yang efektif di antara Rusia dan negeri-negeri Islam.

Sesi Media Rusia – Dunia Islam: Kerjasama di bidang media untuk pembangunan berkelanjutan dan kemakmuran ekonomi yang diperluaskan akan diadakan bagi wakil media massa. Sesi media ini akan dihadiri kepala kantor berita nasional negeri-negeri OKI dan Federasi Rusia, pemimpin korporasi siaran yang besar. Ahli pidato akan membahas peran dan kesempatan industri media negeri-negeri OKI dan Rusia dalam penyelesaian masalah pembangunan berkelanjutan di dunia, sejarah, dan prospek kemitraan informasi.

Pada Forum ini konferensi direncanakan juga, yaitu konferensi Rusia – Indonesia, Rusia – Malaysia, Rusia – Turki, Rusia – Mesir, Rusia – Azerbaijan, Rusia – Uzbekistan, dan Rusia – Iran.

BACA JUGA:  AS Disebut Segera Kembali Pasok Senjata ke Israel Senilai 1 Juta Dolar

Ada kesempatan bagi pengusaha dari Rusia dan negeri-negeri dunia Islam yang menghadiri KazanForum-2023 untuk menemukan mitra di bidang dagang, finansial, dan teknis, serta memasuki pasar baru dan menarik investasi. Dalam rangka Forum ini berbagai acara membantu mencapai tujuan tersebut, yaitu direncanakan pameran bisnis Russia Halal Expo dengan presentasi produksi dan jasa halal, serta proyek investasi dan proyek prasarana di Balai pameran internasional Kazan Ekspo, pekan raya Russia Halal Market dengan pavilion perdagangan di Agroprompark, pertunjukan kuliner dengan partisipasi tukang masak dari negeri-negeri Islam. Para tamu akan masuk dalam dunia industri halal yang luas, dan para pakar akan berbagi pengalaman kesuksesan mereka dalam kerja di bidang ini.

Pada tanggal 20 Mei dalam rangka KazanForum- 2023 Modest Fashion Day ke-5 akan dilaksanakan. Pertunjukan merek popular Rusia dan merek asing setiap tahun menegaskan potensi pengembangan industri fashion sederhana dan memungkinkan Anda menemukan pelanggan baru di luar negeri.