Masuk Angin, Penyakit atau Bukan?

DEPOKPOS – Saat sedang tidak enak badan atau demam, orang Indonesia sering menyebutnya dengan istilah “masuk angin”. Sejenis penyakit ISPA yang disebut influenza mempunyai banyak kesamaan gejala dengan masuk angin.

Kondisi tidak enak badan, beserta gejala-gejala seperti sakit kepala, mual, demam, pusing, dan perut kembung, seringkali disebut sebagai masuk angin. Namun, apa yang sering kita sebut sebagai masuk angin bukanlah suatu penyakit dalam definisi medis. Namun, masyarakat Indonesia menyadari bahwa setiap penyebutan masuk angin mengacu pada penyakit yang mereka derita.

Gejala dan penyebab

Beberapa tanda-tanda atau gejala termasuk masuk angin yang sering terjadi :

⦁ Pusing atau sakit kepala
⦁ Demam
⦁ Perut kembung. Seperti sering buang gas (bersendawa atau kentut)
⦁ Mual dan muntah
⦁ Pilek dan batuk
⦁ Lemas
⦁ Diare, dll

Penyebab masuk angin

Dalam dunia medis, kondisi kesehatan yang memiliki gejala masuk angin ini sebenarnya bernama flu atau common cold. Masuk angin dianggap sebagai penyakit yang terjadi ketika tubuh terlalu banyak terpapar angin, terutama selama musim pancaroba atau musim hujan. Hal itu tidak benar. Faktanya, sistem kekebalan tubuh memang cenderung menurun, terutama saat musim pancaroba atau musim hujan. Namun, selama musim hujan dan pancaroba, intensitas sinar matahari di pagi hari menjadi lebih sedikit, yang justru dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit vitamin D. Sistem kekebalan tubuh dipertahankan sebagian besar oleh vitamin D, vitamin C, E, dan A. Kekurangan vitamin-vitamin tersebut dapat membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga seseorang akan rentan terserang penyakit, salah satunya yaitu common cold yang menyerupai gejala masuk angin.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan dapat mengganggu aktivitas rutin, tetapi juga bisa sembuh dengan sendirinya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masuk angin dan mempercepat penyembuhannya:

1. Perbanyaklah minum air putih untuk menghindari dehidrasi. Minum air hangat untuk membantu meringankan gejala infeksi saluran napas.

2. Tidurlah yang cukup untuk meningkatkan pertahanan tubuh Anda terhadap infeksi. Rata-rata orang tidur selama 7-8 jam setiap hari.

3. Jangan merokok, dan jauhi alkohol dan kafein.

4. Minum obat untuk menurunkan demam Anda. Obat penurun demam dan pereda nyeri, seperti parasetamol, dapat meringankan nyeri otot dan pegal-pegal yang berhubungan dengan pilek.

Cara mencegah masuk angin

Menjaga sistem kekebalan tubuh Anda adalah salah satu metode yang paling penting untuk menghindari pilek. Ada beberapa cara untuk melakukannya:

1. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Selain itu, pastikan Anda mendapatkan cukup air. Minimal 2 liter setiap hari

2. Olahraga dengan teratur.

3. Dapatkan tidur yang cukup. Usahakan tidur selama 7-8 jam/hari dan hindari begadang.

4. Untuk menghentikan penyebaran penyakit, cucilah tangan Anda dengan sabun dan air atau pembersih tangan. Sebelum dan sesudah makan, setelah menggunakan kamar kecil, setelah mengelus hewan, dan sebelum atau sesudah bersentuhan dengan orang sakit, seseorang harus mencuci tangan. Serta selalu mencuci tangan Anda dalam enam tahap.

5. Saat cuaca dingin, kenakan pakaian berlapis dan jaket.

Sudah jelas bahwa masuk angin bukanlah suatu penyakit, melainkan sebuah kata yang digunakan oleh masyarakat umum untuk menggambarkan keluhan perasaan tidak enak badan atau flu pada umumnya. Masuk angin dapat terjadi mulai dari penyakit ringan hingga gangguan serius. Masuk angin sering kali membaik dengan sendirinya setelah menggunakan Paracetamol. Jika gejala masuk angin tidak kunjung sembuh atau memburuk, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan, panduan tentang apa yang harus dilakukan, dan resep obat masuk angin.

Ananda Pasya Utami Putri
Universitas Binawan, fakultas Keperawatan dan Kebidanan, prodi S1 Keperawatan

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait