Ini Bahaya Mandi Setelah Begadang

DEPOKPOS – Pada dasarnya, sering tidur larut malam dapat menyebabkan penyakit stroke, serangan jantung,  gangguan kardiovaskular dan seringkali berujung pada kematian.

Berdasarkan hal tersebut, banyak orang yang mencoba mengaitkannya dengan mandi. Mereka berspekulasi bahwa dalam keadaan kurang istirahat, paparan air dingin atau panas memengaruhi pembuluh darah yang terkait dengan tiga kondisi kesehatan yang sudah ada sebelumnya.

Namun,  anggapan tersebut sebenarnya hanyalah mitos  dan tidak memiliki dasar yang kuat. Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menemukan kaitan antara bahaya mandi setelah bangun kesiangan dan kematian.

BACA JUGA:  Kerak Telor: Kudapan Unik Khas Betawi

Mandi setelah bangun kesiangan biasanya tidak berbahaya. Banyak penelitian berfokus pada efek samping tidur larut malam, bukan aktivitas yang Anda lakukan setelah tidur larut malam.

RISIKO BERBAHAYA JIKA MANDI SETELAH BERGADANG

Meski tidak mematikan, mandi setelah bangun kesiangan tetap memiliki potensi risiko kesehatan jika dilakukan secara rutin.

Namun, risiko kesehatan tidak hanya disebabkan oleh  mandi, tetapi juga  begadang. Begadang diketahui memiliki banyak efek buruk bagi kesehatan.

Apa efek dari tidur larut malam dan langsung mandi? Berikut adalah beberapa:

* Influenza

BACA JUGA:  Kerak Telor: Kudapan Unik Khas Betawi

Anda lebih mungkin terkena pilek atau flu. Karena sering tidur larut malam akan melemahkan daya tahan tubuh.

Saat tubuh terpapar langsung  dengan suhu dingin  air mandi, maka risiko pilek dan flu akan meningkat.

* Kekakuan otot

Anda juga mungkin mengalami kekakuan otot akibat sering mandi setelah bangun kesiangan. Ini terkait dengan perubahan suhu yang tajam yang bisa terjadi saat mandi setelah bangun siang.

Saat Anda tidur larut malam, suhu tubuh Anda tetap tinggi karena aktivitas berbagai organ dalam. Saat Anda mandi setelah begadang dengan air yang cenderung dingin,  suhu tubuh Anda berubah drastis.

BACA JUGA:  Kerak Telor: Kudapan Unik Khas Betawi

Ini akan menghambat sirkulasi darah. Akhirnya, ada risiko kekakuan otot. Apalagi jika Anda pernah mengalami rematik di masa lalu, risiko Anda semakin besar.

* Susah tidur

Jika Anda akan beristirahat setelah tidur larut malam, mandi setelah tidur larut malam dapat membuat Anda tetap terjaga. Salah satu tanda menjelang tidur adalah penurunan suhu tubuh. Sedangkan mandi sesudahnya akan meningkatkan suhu tubuh  sehingga menyebabkan sulit tidur.

Aisyah Damayanti Lestari
Mahasiswi program Studi Keperawatan Universitas Binawan.