Ini Bahaya Konsumsi Pisang pada Bayi Usia Dibawah 6 bulan

DEPOKPOS – Bayi dibawah 6 bulan apakah sudah boleh diberikan tambahan makanan atau MPASI, seperti pisang? Pertanyaan seperti ini biasanya selalu menjadi topik perdebatan antara ibu dari si bayi dan nenek dari si bayi (baik itu ibu mertua atau ibu sendiri).

Apalagi jika ibu si bayi adalah wanita karir yang tidak memungkinkan untuk pulang untuk menyusui si bayi jika bayi menangis. ‘Gapapa kasih pisang aja, dulu kamu waktu bayi juga suka ibu kasih pisang’ begitu kata nenek si bayi. Nah pertanyaannya, apakah boleh? apakah tidak membahayakan si bayi? mari kita cari tahu jawabannya!

BACA JUGA:  Kerak Telor: Kudapan Unik Khas Betawi

Jadi, memang banyak orang tua yang memberikan makanan padat pertama pada bayi sebelum bayi berusia 6 bulan. Menurut WHO dan Ikatan Dokter Anak Indonesia, bayi hanya boleh diberikan asi eksklusif setidaknya sampai usia 6 bulan tanpa tambahan apapun.

Adapun beberapa bahaya jika memberikan MPASI terlalu dini pada bayi adalah sebagai berikut ;

⦁ Gangguan Pencernaan

Pencernaan pada bayi di bawah 6 bulan belumlah optimal dan masih sangat sensitif, sehingga pemberian pisang atau makanan padat lainnya dapat menyebabkan konstipasi atau diare serta gangguan pencernaan lainnya pada bayi.

BACA JUGA:  Kerak Telor: Kudapan Unik Khas Betawi

⦁ Resiko Tersedak

Walaupun tekstur pisang lembut atau mudah hancur, umumnya bayi yang berusia di bawah 6 bulan belum memiliki kemampuan mengunyah dan menelan sehingga pemberian makanan padat dapat beresiko tersedak dan menyumbat saluran pernafasannya, bayi bisa mengalami kesulitan bernafas dan mengancam nyawa si bayi.

⦁ Berpeluang Mengalami Alergi Makanan

Sel-sel yang melapisi usus bayi di bawah 6 bulan belum siap memproses zat makanan yang mereka konsumsi. Akibatnya, makanan tersebut dapat menimbulkan respon imun, sehingga alergi dapat terjadi akibat makanan yang dimakannya.

⦁ Kelebihan Atau Kekurangan Nutrisi

BACA JUGA:  Kerak Telor: Kudapan Unik Khas Betawi

ASI sudah memiliki komposisi terbaik sebagai makanan bayi. Meski makanan padat terlihat lebih mengenyangkan perut, nyatanya makanan yang diberikan terlalu dini belum tentu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Serta, pemberian makanan pendamping ASI pada usia dini atau di bawah 6 bulan bisa membuat bayi Anda mengalami defisit atau kelebihan kalori dan gizi.

Nah jadi, pemberian pisang atau makanan padat lainnya pada bayi usia di bawah 6 bulan sangat tidak di anjurkan ya bund …

Sri Ramadanti Junus
Mahasiswi Program Studi Keperawatan Universitas Binawan Jakarta