Health  

Bahaya Asap Rokok bagi Ibu Hamil

Bahaya Asap Rokok bagi Ibu Hamil

DEPOKPOS – Merokok saat hamil dapat membahayakan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Menurut World Health Organization (WHO) tahun 2008, sekitar 45% wanita dan 27% wanita hamil merokok. Dari ibu hamil yang merokok di Amerika Serikat, 23,5% dan 20% ibu hamil yang berhenti merokok selama hamil, merokok pada ibu hamil dapat menyebabkan komplikasi selama kehamilan, kesehatan reproduksi dan janin. Menurut data Global Adult Tobacco Survey, 78,4 persen wanita terpapar asap tembakau di rumah.

Asap rokok adalah asap yang merupakan campuran antara asap dan partikel. Asap ini terdiri dari 4.000 campuran senyawa kimia, termasuk bahan beracun, 69 di antaranya merupakan bahan karsinogenik.

BACA JUGA:  Usia Terlalu Muda atau Terlalu Tua Salah Satu Penyebab Risiko Kehamilan Tinggi

Menurut data Indonesia, sekitar 2,3% wanita merokok sementara wanita hamil sekitar 1,7%. Berdasarkan data tersebut, telah terbukti bahwa ibu hamil yang merokok lebih cenderung menyebabkan berbagai komplikasi seperti kelahiran prematur (kelahiran prematur), berat badan lahir rendah, kematian perinatal dan gangguan perkembangan janin.

Selain itu, merokok dapat menyebabkan keguguran, gangguan perkembangan pada anak, kekurangan oksigen pada janin, dan kesulitan bernapas.

Cara menetralisir asap rokok bagi ibu hamil

⦁ Menghentikan sumber asap rokok
Hal pertama yang harus dilakukan dalam cara menetralisir asap rokok bagi ibu hamil adalah dengan menghentikan terlebih dahulu sumber asap rokok yang memapar ibu hamil tersebut.

BACA JUGA:  Kenali Bahaya Minum Kopi Berlebihan

⦁ Menjaga kondisi kesehatan ibu hamil
Langkah adalah dengan menjaga kondisi kesehatan tubuh ibu hamil dan memastikan sistem kekebalan tubuh yang dimilikinya dalam kondisi yang optimal.

⦁ Memperbanyak konsumsi air putih
Untuk dapat menghilangkan racun dari asap rokok yang sudah masuk dalam tubuh ibu hamil maka cara yang juga cukup sederhana adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Konsumsi air putih yang banyak mampu membantu menghilangkan nikotin di dalam tubuh ibu hamil dan tetap menjaga hidrasinya. Air putih yang banyak dikonsumsi juga mampu menjaga kelembaban dari paru paru sehingga dapat berfungsi secara normal.

BACA JUGA:  Usia Terlalu Muda atau Terlalu Tua Salah Satu Penyebab Risiko Kehamilan Tinggi

⦁ Mengonsumsi bayam
Bayam memiliki kandungan vitamin A dan flavonoid yang dapat mencegah tubuh dari kondisi kanker paru paru. Zat besi yang terdapat di dalam bayam juga dapat membantu menjaga kesehatan paru paru yang pastinya akan memiliki dampak paling besar dari adanya asap rokok di dalam tubuh ibu hamil.

Rendy Airlangga
Mahasiswa Prodi Keperawatan Universitas Binawan