Jauh Lebih Murah, Manfaat Ikan Kembung Ternyata Lebih Tinggi dari Ikan Salmon

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan kembung bahkan disebut 1,5 kali lebih tinggi daripada salmon.

DEPOKPOS – Manfaat ikan kembung ternyata mirip dengan salmon. Ikan yang harganya tidak terlalu mahal dan memiliki rasa gurih dengan duri yang jarang ini mengandung banyak asam lemak omega-3.

Banyak orang lebih memilih ikan salmon untuk mencari asam lemak omega 3 meski harganya cukup mahal. Padahal, ikan kembung juga sebenarnya bisa jadi pilihan.

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan kembung bahkan disebut 1,5 kali lebih tinggi daripada salmon. Dalam 100 gram ikan kembung terdapat 52 persen lemak dan 48 persen protein.

Ikan kembung juga mengandung 19,32 protein, 9,36 gram lemak total yang terdiri dari lemak jenuh (2,4 gram), lemak jenuh tak ganda (2,3 gram) dan lemak tak jenuh tunggal (3,2 gram), sodium 78 miligram, kalium 389 miligram, dan energi 167 kalori.

Manfaat ikan kembung juga bisa didapat dari kandungan proteinnya.

Dilansir CNN Indonesia, pengurus Dewan Pusat Perwakilan Persatuan Ahli Gizi (DPP Persagi) Triyani Kresnawan mengatakan, kualitas protein pada ikan kembung sama dengan hewan lainnya.

Selain itu, ikan ini juga kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan.

Asam lemak omega-3 sendiri bermanfaat untuk merawat jantung tetap sehat. Asupan omega-3 membantu Anda terhindar dari ancaman penyakit jantung.

Omega-3 menjadi salah satu asupan nutrisi penting yang penting untuk dipenuhi. Tujuannya untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dari serangan berbagai penyakit. Berikut ini manfaatnya:

1. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Mengonsumsi ikan yang mengandung minyak ikan tinggi (omega-3), dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, dan stroke. Selain itu, mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 secara rutin dapat mengurangi kadar trigliserida (lemak jahat) dalam darah.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Mengonsumsi ikan dengan kandungan omega-3 sebanyak dua kali dalam seminggu, dinilai dapat mengurangi risiko degenerasi makula karena faktor usia. Degenerasi makula sendiri merupakan gangguan penglihatan pada orang tua, sehingga pandangan terlihat buram. Kondisi tersebut tentu akan memengaruhi kemampuan membaca, menyetir, menulis, atau mengenali wajah.

3. Mencegah Demensia

Manfaat omega-3 juga selanjutnya adalah mencegah demensia, atau gangguan daya ingat, berpikir, dan berperilaku. Jika dikonsumsi secara rutin, omega-3 dapat menunjang perkembangan kognitif otak, meningkatkan aliran darah dan pembentukan sel baru, mengurangi depresi, serta mencegah demensia sejak dini.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat omega-3 diketahui baik untuk kesehatan otak. Namun, asam lemak esensial ini juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mental seseorang. Kandungan di dalamnya dapat membantu meningkatkan kelancaran aliran darah di otak, sehingga gejala depresi dan kecemasan dapat diatasi. Bukan itu saja, kandungan dalam omega-3 juga dapat memperbaiki suasana hati seseorang.

5. Meredakan Arthritis

Terakhir, manfaat omega-3 juga diklaim dapat mengurangi nyeri sendi pada arthritis. Jika mengonsumsi minyak ikan ini secara teratur selama 3 bulan berturut-turut, maka risiko nyeri sendi dapat diturunkan. Omega-3 juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh para pengidap rheumatoid arthritis, sehingga persentase kesembuhan bisa meningkat.

 

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait