Ini 5 Makanan untuk Terhindar dari Diabetes!

DEPOKPOS – Ketika sedang dalam kondisi mood yang buruk, mengonsumsi makanan manis bagi beberapa orang dapat membuat mood menjadi lebih baik.

Kandungan gula di makanan manis dapat dengan mudah tercerna dengan cepat oleh tubuh dan otak untuk dapat berubah menjadi energi, dan terkadang membuatmu menjadi lebih semangat.

Namun konsumsi makanan manis yang berlebihan bagi penderita diabetes perlu dihindari. Untuk itu, kami akan memberi tahu apa saja makanan yang harus dihindari agar diabetes tidak terlalu parah. Disimak ya!

1. Coklat

Coklat menjadi makanan yang disukai beberapa orang, karena menurut penelitian, coklat terkandung beberapa senyawa yang bisa membuat bahagia, dan menaikkan mood.

Meskipun coklat kerap menjadi “happy pills” bagi sebagian orang yang menyukai makanan manis, tentunya makanan ini berbahaya jika dikonsumsi dengan jumlah banyak oleh seorang penderita diabetes, sebab kandungan 1 batang coklat rata-rata mengandung gula sebesar 78 gram lho!

BACA JUGA:  Kerak Telor: Kudapan Unik Khas Betawi

2. Kue & Biskuit

Kue & biskuit merupakan dessert atau camilan yang biasanya dimakan saat menikmati waktu santai. Kebiasaan memakan kue dan biskuit ini bisa dijadikan.

Namun fakta dari jenis makanan manis satu ini, ternyata juga cukup berbahaya bila dikonsumsi oleh penderita diabetes dengan jumlah yang tidak tertakar dalam 1 harinya.

Kandungan gula dalam dua jenis makanan ini bisa lebih dari 30 gram per 100 gram sajian, yang sudah mencakupi lebih dari ½ kebutuhan gula harian bagi penderita diabetes.

Meskipun varian makanan manis ini sudah banyak dikreasikan menjadai makanan yang sugar free dan aman bagi penderita diabetes, namun konsumsinya tetap harus dalam arahan konsultasi dokter agar diabetes tidak semakin parah.

3. Permen & Gulali

Permen & Gulali termasuk olahan berbahan dasar gula. Makanan manis ini dibuat dengan menggunakan banyak campuran gula buatan, seperti sakarin atau siklamat yang menjadikan rasanya sangat manis, senyawa campuran seperti pewarna, dan pengawet lainnya.

BACA JUGA:  Kerak Telor: Kudapan Unik Khas Betawi

Selain itu kandungan gula dalam sebuah permen kemasan itu bisa mencapai lebih dari 50 gram, tergantung jenis permennya.

Bagi penderita diabetes, ukuran ini setara dengan batas jumlah gula harian yang boleh dikonsumsi, namun harus tetap dihindari konsumsinya karena apabila mengonsumsi permen dan gulali secara berlebihan dapat membuat kadar gula darah dalam tubuhmu semakin tinggi.

4. Dodol

Dodol merupakan salah satu jenis makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari campuran tepung beras ketan, santan, garam, kelapa, gula merah, serta beberapa konsentrat perasa disesuaikan dengan jenis rasa dodolnya.

Dodol hanya mengandung gula dan lemak, sehingga dodol dapat berbahaya bagi penderita diabetes karena kandungannya utamanya adalah karbohidrat utama.

BACA JUGA:  Kerak Telor: Kudapan Unik Khas Betawi

Selain itu gula dalam dodol termasuk sukrosa sebesar 45%. Selain berbahaya bagi penderita diabetes, makan dodol secara berlebihan bisa menyebabkan obesitas karena kandungan gizi tidak lengkap yang terkandung di dalamnya.

5. Es Krim

Es Krim menjadi makanan manis yang biasanya dibuat dari bahan-bahan campuran susu, krim, dan gula. Kandungan yang es krim terdiri dari lemak, dan karbohidrat yang tinggi.

Selain itu es krim kemasan juga memiliki zat aditif seperti pewarna, perasa, hingga pengawet. Dilansir dari SehatQ, es krim mengandung kadar gula 65 gram dalam kemasan 12-24 gram.

Apabila es krim dikonsumsi berlebihan, maka akan dapat melebihi batas gula yang dikonsumsi dalam per harinya hanya sebesar 10 % dari kebutuhan kalori harian, sehingga berbahaya bagi penderita diabetes karena dapat memicu kadar gula tinggi dalam tubuh.

Abdul Djabbar Alfathi