FTUI Buka Peminatan Manajemen Keselamatan di Magister Teknik Kimia

FTUI Buka Peminatan Manajemen Keselamatan di Magister Teknik Kimia

DEPOKPOS – Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) membuka tiga peminatan baru untuk Program Magister pada tahun akademik 2023/2024. Salah satunya adalah peminatan Manajemen Keselamatan Proses (MKP) yang mengkhususkan pada penerapan sistem manajemen proses. Gunanya untuk mengidentifikasi, mengendalikan, dan mencegah bahaya yang timbul dari kegiatan proses atau operasi, sehingga menyebabkan kerugian, cedera, dan kerusakan terhadap lingkungan.

Menurut Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU, “Manajemen Keselamatan Proses berfokus pada aspek operasi dari pabrik atau industri proses, sehingga lebih bersifat teknis dan spesifik. Ia mencakup berbagai elemen yang membantu institusi mengurangi jumlah dan menghindari kecelakaan serta bencana.” Bidang ini mempelajari pengontrolan yang lebih efektif dalam memperhitungkan aktivitas proses, termasuk peralatan, prosedur serta organisasi yang dikelola oleh sistem manajemen untuk memastikan bahwa semua bahaya telah diidentifikasi dan dikontrol demi kelangsungan suatu proses produksi.

BACA JUGA:  Program Kolaboratif Indonesia-Malaysia, “SustainaBlue” Ditujukan Untuk Percepat Pengembangan Blue Economy dan Green Transition

Manajemen Keselamatan Proses merupakan peminatan di bidang manajemen keselamatan proses yang mampu mendukung ke arah peningkatan kinerja proses di industri dalam rangka mewujudkan budaya keselamatan melalui aktivitas perencanaan, pengaturan, pembangunan dan pengoperasian di industri proses yang terkelola dengan baik. Mahasiswa akan mempelajari cara mencegah, menyiapkan, memitigasi, merespons, memulihkan, dan meminimalkan konsekuensi pelepasan bahan kimia berbahaya di fasilitas dan sekitarnya.

“Peminatan ini diharapkan mencetak lulusan yang terdidik, berpengetahuan dan andal dalam mengelola isu-isu terkait keselamatan proses, sehingga akan dapat berkontribusi langsung dalam peningkatan kinerja keselamatan proses yang tercermin dengan terlihatnya penurunan angka kecelakaan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif di tempat mereka bekerja,” ujar Ketua Departemen Teknik Kimia FTUI, Dr. Bambang Heru Susanto, S.T., M.T. Ke depannya, lulusan peminatan ini dapat bekerja di berbagai bidang terkait perancangan Engineering, Procurement, dan Construction (EPC) sebagai Process Engineer spesialisasi keselamatan proses, pelaksana dan pengelola keselamatan proses, instansi pemerintahan, dosen, peneliti, dan wirausaha.

BACA JUGA:  Society of Petroleum Engineers UI Raih Penghargaan Internasional

Dengan penambahan peminatan baru ini, jumlah peminatan yang tersedia untuk Program Magister di DTK FTUI bertambah menjadi delapan peminatan. Kedelapan peminatan tersebut adalah, Teknologi Gas, Katalis Industri, Perlindungan Lingkungan & Keselamatan Kerja, Perancangan Produk & Proses Kimia, Manajemen Gas, Energi dan Proses Berkelanjutan, Manajemen Keselamatan Proses, dan Teknologi Intensifikasi Proses.

BACA JUGA:  Society of Petroleum Engineers UI Raih Penghargaan Internasional

Saat ini FTUI mengelola 12 program studi magister, yaitu prodi Magister Multidisiplin Perencanaan Wilayah Kota, prodi Magister Multidisiplin Teknik Sistem Energi, prodi Magister Teknik Sipil, prodi Magister Teknik Lingkungan, prodi Magister Teknik Mesin, prodi Magister Teknik Elektro, prodi Magister Teknologi Biomedis, prodi Magister Teknik Metalurgi & Material, Prodi Magister Manajemen Integritas Material (MIM), prodi Magister Arsitektur, prodi Magister Teknik Kimia, dan prodi Magister Teknik Industri.

Penjelasan lengkap terkait program Magister FTUI dapat dilihat di www.eng.ui.ac.id dan SIMAK UI (https://simak.ui.ac.id). Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs http://penerimaan.ui.ac.id.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait