4 Cara Melatih Anak Puasa

DEPOKPOS – Berpuasa merupakan salah satu kewajiban yang dilakukan oleh umat muslim. Puasa menurut istilah yaitu keadaan menahan diri dari lapar, dahaga, dan hawa nafsu dengan tidak makan, minum, serta melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Kegiatan puasa ini dimulai dari dikumandangkannya adzan subuh hingga adzan magrib tiba.

Kegiatan berpuasa ini harus ditanamkan pada anak-anak sejak usia dini. Karena jika anak sudah mulai terbiasa melakukan puasa dalam satu hari penuh, maka dia akan lebih siap ketika dewasa nanti. Selagi masih usia belia, sebagai orang tua harus mengajarkan serta melatih anak untuk belajar berpuasa.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Fathu Makkah, Kemenangan Besar Tanpa Peperangan di Bulan Ramadhan

Oleh karena itu, kami akan membahas cara melatih anak umtuk melakukan ibadah puasa. Disimak ya!

1. Berpuasa setengah hari

Cara pertama yaitu dengan membiasakan anak untuk berpuasa setengah hari terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena anak kecil tidak bisa tiba-tiba menjalani puasa full selama satu hari penuh. Karena puasa satu hari akan mudah membuat dia kaget di awal dan tidak mau lagi belajar berpuasa.

BACA JUGA:  Komunitas BiRU Sambut Ramadhan dengan Silaturahim dan Ragam Aktifitas

Puasa setengah hari bisa dilakukan ketika mulai sahur hingga tengah hari, tepatnya ketika waktu makan siang tiba. Lakukan cara ini untuk beberapa kali dan lakukan secara bertahap. Tujuannya agar anak semakin terbiasa untuk berpuasa.

2. Memberi contoh

Orang tua perlu memberi contoh anak-anak melakukan puasa baik puasa sunah dan wajib di bulan Ramadan.

3. Sajikan Menu Kesukaan saat Sahur

Menyajikan menu yang variatif, bergizi dan yang disukai anak-anak adalah hal kecil namun sangat penting untuk melatih berpuasa. Dengan sajian yang menarik, anak-anak akan semakin semangat beribadah.

BACA JUGA:  Muslimah Haid tak Wajib Berpuasa, Ini yang Harus Dilakukan

4. Berikan Hadiah Ketika Lebaran

Cara terakhir yaitu dengan memberikan mereka penghargaan atas puasa yang telah dijalani selama satu bulan penuh. Tujuan hadiah ini agar mereka lebih termotivasi untuk belajar berpuasa lagi. Berikan hadiah yang menjadi kesukaan mereka seperti, mainan baru, baju baru, atau yang lainnya.

Abdul Djabbar Alfathi

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait