3 Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Berpuasa

DEPOKPOS – Lancar tanpa adanya halangan saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan harapan bagi semua orang yang mejalankannya.

Terlebih lagi selama puasa, setiap umat islam dituntut menahan lapar dan haus mulai dari terbitnya fajar sampai matahari terbenam, bahkan di negara lain ada yang berpuasa lebih dari 12 jam.

Bacaan Lainnya

Dengan begitu, menjaga kesehatan menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan.

BACA JUGA:  Kenali Posisi Tidur yang Baik

Untuk itu, kami akan membahas beberapa cara menjaga daya tahan tubuh saat puasa yang baik dipraktikkan:

1. Waktu Istirahat yang Cukup

Saat berpuasa, biasanya orang menggunakan waktu pagi hingga sore untuk melakukan berbagai macam aktivitas di luar rumah terutama di kantor, waktu malamnya dimanfaatkan beribadah dan waktu sepertiga malam untuk makan sahur.

Namun, bukan berarti Anda tidak memperhatikan waktu istirahat karena terlalu banyak aktivitas tanpa istirahat juga akan membuat daya tahan tubuh menjadi cepat lelah.

Oleh karena itu, Anda harus pandai mengatur waktu agar aktivitas, beribadah dan istirahat yang cukup bisa seimbang sehingga puasa akan berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:  Pakar UGM Jelaskan Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengingat saat berpuasa tidak boleh makan dan minum dalam waktu yang telah ditentukan, maka beberapa zat pada tubuh akan meningkat daripada biasanya.

Sehingga bagi orang yang menjalankan puasa sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi yang bisa menopang kebutuhan zat pada tubuh tetap terpenuhi. Nah, zat tersebut diantaranya mineral, berbagai macam vitamin mulai dari vitamin C, D dan E yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh, menyerap kalsium serta mineral, tetap menjaga kelembapan kulit, dan sebagai antioksidan.

BACA JUGA:  Fathu Makkah, Kemenangan Besar Tanpa Peperangan di Bulan Ramadhan

3. Tetap Berolahraga

Masih banyak orang yang beranggapan kalau berolahraga saat berpuasa takut badan menjadi lelah, pegal-pegal, lemas dan sebagainya. Padahal dengan melakukan olahraga, badan akan terasa lebih segar, bugar dan tentunya daya tahan tubuh tetap terjaga.

Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat, cukup yang ringan saja seperti peregangan tubuh, yoga, jalan dan sebagainya. Akan lebih baik, jika olahraga dilakukan dengan rutin di pagi hari.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait