3 Penyakit yang Sering Timbul saat Berpuasa dan Antisipasinya

DEPOKPOS — Puasa mendatangkan begitu banyak manfaat bagi tubuh kita. Namun ternyata, ada beberapa penyakit dan masalah kesehatan yang “langganan” sering muncul saat puasa, kalau Anda tidak berhati-hati.

Berbagai penyakit saat puasa terjadi tak lain karena adanya efek ‘kaget’ pada tubuh, terhadap perubahan pola makan.

Dari yang biasanya 3 kali sehari, menjadi hanya 2 kali saja, yaitu sahur dan berbuka. Selain itu, penyakit saat puasa juga dapat terjadi karena kesalahan memiliki menu makanan saat sahur dan berbuka.

Lalu, penyakit apa saja sih yang rentan terjadi saat puasa? Berikut kami akan membahas satu persatu, disimak ya!

1. Bau Mulut

Bau mulut tidak sedap merupakan salah satu gangguan yang paling banyak dikeluhkan saat Ramadan tiba.

Kondisi ini disebabkan oleh kurangnya asupan cairan selama puasa, sehingga jumlah air liur pun berkurang dan mulut terasa kering.

Akibatnya, sel-sel mati dan sisa-sisa makanan menumpuk dan memicu bau mulut.

Untuk mengatasinya, pastikan untuk selalu menyikat gigi sehabis sahur dan berbuka puasa. Perhatikan juga menu makanan yang Anda santap saat sahur.

Hindari berbagai makanan pemicu bau mulut tak sedap, seperti bawang, makanan pedas, dan makanan manis.

2. Maag

Maag adalah penyakit yang disebabkan oleh asam lambung meningkat. Hal ini terjadi karena perut dibiarkan dalam keadaan kosong selama kurang lebih 12 jam.

Padahal, setiap harinya organ lambung perlu memproduksi asam klorida untuk menghancurkan makanan yang masuk di tubuh, walaupun tidak ada makanan yang masuk.

Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan kamu mengatur pola makan yang benar saat sahur dan buka puasa ya.

3. Sakit Tenggorokan

Tidak hanya maag, ternyata kurang minum air putih bisa menyebabkan sakit tenggorokan, lho. Selain itu, saat puasa, tubuh jadi lebih mudah terinfeksi oleh bakteri dan bisa saja menyerang tenggorokan kamu.

Sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh asam lambung yang naik ke kerongkongan, infeksi bakteri, hingga kesalahan makan saat buka puasa.

Oleh karena itu, pastikan kamu mengonsumsi menu buka puasa sehat dengan menghindari makanan yang terlalu pedas, panas, dan berminyak. Nah, kamu bisa menggunakan air fryer untuk membuat makanan yang tidak terlalu berminyak.

Abdul Djabbar Alfathi