oleh

Dopamine Detox, Tren Kesehatan Baru Agar Lebih Produktif

Semakin majunya teknologi semuanya menjadi serba instan, begitu pula dengan kebahagiaan. Ketika kita sedang merasa stress, lelah, dan bosan biasanya berakhir dengan kita membuka gawai dan mencari kebahagiaan-kebahagiaan instan di dalamnya. Tak jarang kita menjadi larut di dalamnya hingga melupakan pekerjaan kita yang sesungguhnya.

Kebiasaan negatif seperti itu jika dibiarkan akan berefek jangka panjang yang tidak sehat, karena perilaku negatif bisa menyebabkan masalah yang berkaitan dengan kesehatan psikologis.

BACA JUGA:  5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Keluar Rumah Selama Pandemi COVID-19

Untuk mengatasi masalah tersebut ada salah satu cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan melakukan Puasa dopamin atau dikenal dengan istilah Dopamine Detox.

Lalu apa itu Dopamin? Dopamin adalah neurotransmitter dalam tubuh yang bisa membangkitkan rasa bahagia atau senang. Saat kita melakukan hal yang kita sukai, akan melepaskan dopamin dalam tubuh yang menghasilkan perasaan bahagia. Perasaan bahagia bisa menyebabkan otak menjadi lebih fokus.

BACA JUGA:  Pentingnya Menjaga Kebersihan Tangan

Dopamine Detox berarti bagaimana kita menghindari terlebih dahulu hiburan-hiburan yang sekiranya membuat kita lalai dan terlena.

Upaya ini bisa dimulai dengan cara tidak melakukan aktifitas yang menyenangkan, seperti menonton film, mendengarkan lagu, dan makan cepat saji. Kegiatan-kegiatan tersebut kita ganti dengan aktifitas yang lebih melibatkan fisik, seperti membersihkan halaman rumah, berolahraga, beribadah, belajar, membaca buku, atau membangun bisnis. Aktifitas-aktifitas tersebut juga dapat menghasilkan dopamin, namun jauh lebih sehat dan produktif.

BACA JUGA:  Hal-Hal yang Bisa Kita Lakukan di Rumah Selama COVID-19

Jadi kita tarik kesimpulannya, Dopamine Detox bukan untuk menghilangkan dopamin. Karena sejatinya dopamin ada dalam tubuh kita. Dopamine Detox bertujuan membuat hal-hal yang membosankan menjadi lebih menarik, sehingga kita bisa melakukan hal-hal lain yang lebih berguna dan bermanfaat untuk diri kita sendiri dan orang lain.

(Farhan)

Komentar

Berita lainnya