oleh

Pentingnya Etika Profesional Auditor

Saat ini profesi auditor menjadi incaran bagi sebagian besar kalangan mahasiswa akuntansi, mengingat berbagai benefit dan prospek kerja yang menjanjikan menjadikan salah satu alasan bagi mereka dalam memilih profesi yang akan dihadapinya. Profesi auditor bukanlah hal yang mudah seperti yang orang awam bayangkan. Bagi mereka yang kurang memahami apa itu audit pastinya hanya berfikir bahwa profesi auditor hanya sebatas memeriksa laporan keuangan, padahal pada kenyataannya banyak hal yang harus diperhatikan oleh seorang auditor ketika melakukan proses audit, salah satunya adalah etika profesional.

Dalam audit, profesionalisme sangat diperlukan guna membangun kepercayaan kepada publik agar terjaganya reputasi suatu perusahaan. Sebagai contoh, Kasus yang terjadi pada perusahaan amerika yaitu enron corporation yang mengalami kebangkrutan pada akhir 2001 dikarenakan adanya pemalsuan laporan keuangan yang melibatkan lembaga audit dan akuntansi “Arthur Andersen” yang pada saat itu lembaga tersebut merupakan salah satu dari lima lembaga audit dan akuntansi terbesar di dunia. Dampak dari kejadian ini, perusahaan enron mengalami kebangkrutan besar dan perusahaan Arthur Andersen dibubarkan karena hal ini berdampak pada ketidakpercayaan publik. Dari kasus tersebut dapat kita simpulkan bahwa perlunya memahami etika profesional seorang auditor maupun akuntan guna mencegah terjadinya hal yang menyimpang. Nah, untuk dapat memahami etika profesional bagi seorang auditor dengan baik, simak penjelasan berikut!

BACA JUGA:  Kenapa Harus Memilih Bank Syariah?

Pengertian Etika Profesional

Menurut Sihotang dalam bukunya mendefinisikan etika adalah penilaian tentang baik buruknya perilaku dan kajian terhadap kenyataan hidup dari segi baik buruk dan benar salahnya. Pendapat lain menyebutkan bahwa etika adalah pemikiran kritis tentang moral dalam arti yang luas. Sedangkan pengertian dari etika profesional itu sendiri adalah acuan dalam seseorang berperilaku atau korporasi yang dianggap harus diikuti pelaku aktivitas profesional (wikipedia.com).

Prinsip Dasar Etika Profesi Auditor

Seorang auditor dalam menjalankan pekerjaannya perlu memperhatikan prinsip-prinsip yang ada, Adapun prinsip dasar etika profesi yang telah ditetapkan oleh IAPI antara lain:

BACA JUGA:  Strategi Optimalisasi Bank Syariah

Pertama, Prinsip Integritas yaitu dalam menjalain hubungan bisnis, auditor harus bersikap lugas dan jujur.

Kedua, Prinsip Objektivitas yaitu setiap auditor tidak boleh mengompromikan pertimbangan profesional, benturan kepentingan, atau pengaruh yang tidak layak dari pihak lain.

Ketiga, Prinsip Kehati-hatian dan kompetensi profesional yaitu setiap auditor harus mampu mempertahankan pengetahuan dan keahlian profesionalnya pada tingkat yang dipersyaratkan, sehingga dapat dipastikan bahwa klien atau organisasi tempatnya bekerja memperoleh jasa profesional yang kompeten, berdasarkan perkembangan terkini dalam praktik, serta ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dan setiap auditor juga harus mampu bertindak sungguh-sungguh dan sesuai dengan standar profesi dan kode etik yang berlaku.

Keempat, Prinsip Kerahasiaan yaitu seorang auditor harus mampu menjaga kerahasiaan informasi yang diperoleh sebagai hasil dari hubungan profesional dan bisnis.

BACA JUGA:  Peluang dan Tantangan Perbankan Syariah di Era Revolusi Industri 4.0

Kelima, Prinsip Perilaku Profesional yaitu setiap auditor mampu mematuhi aturan hukum yang berlaku dan harus menghindari diri dari perilaku yang dapat mendiskretkan profesi.

Kelima prinsip dasar ini harus dipatuhi dan diterapkan oleh seorang auditor karena pada dasarnya kelima prinsip inilah yang menjadi point penting dalam pelaksanaan etika profesional bagi seorang auditor. Semakin paham seseorang akan prinsip dasar ini, maka semakin kecil pula peluang seorang auditor dalam melakukan kesalahan atau kejadian yang menyimpang.

Disusun oleh: Erika Sri Suciati/STEI SEBI

 

Referensi:
Qamar, N., & Salle. (2019). Etika dan Moral Profesi Hukum. Makassar : CV. Social Politic Genius (SIGn).
Sihotang, K. (2019). Etika Profesi Akuntansi. Daerah Istimewa Yogyakarta: PT Kanisius.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Enron diakses pada tanggal 20 November 2020 pukul 10.15
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kode_etik_profesi diakses pada tanggal 20 November 2020 pukul 10.21
https://iapi.or.id/Iapi/detail/237 diakses pada tanggal 20 November 2020 pukul 10.27

Komentar

Berita lainnya