oleh

Siapa Sangka, Menangis Ternyata Bermanfaat bagi Kesehatan

Bagi kebanyakan orang menangis menandakan bahwa seseorang tersebut merupakan orang yang lemah, namun apakah tanggapan itu bisa dikatakan benar ?. Menurut beberapa penelitian menangis merupakan sebuah reaksi alami yang akan terjadi apabila seseorang mengalami kejadian yang menyentuh bagi hatinya. Air mata yang merupakan indicator saat kita menangis juga memiliki berbagai makna didalamnya, diantaranya ungkapan perasaan bahagia, haru, sedih, ataupun kecewa.

Tangis adalah salah satu anugrah bagi hidup dan hati agar kita senantiasa menyadari fitrah kemanusiaan yang begitu indah, tetapi lemah dan tak berdaya atas kuasa Yang Maha Perkasa. Juga sebagai refleksi ketiadaan juga keterbatasan yang dimiliki oleh manusia di atas dunia yang fana dan akan ada akhirnya ini. Sebagai sebuah fitrah yang melekat dalam diri manusia, menangis bukanlah hal yang harus di hakimi.

Mengapa ada air mata? Pada dasarnya air mata sendiri bukanlah hanya sebagai indicator untuk penyampaian emosi. Air mata juga memiliki berbagai fungsi lainnya. Melansir dari helth me up, Alex Gendler menjelaskan bahwa air mata muncul berdasarkan tiga klasifikasi, diantaranya;

Air mata Basal
Yakni kelenjar air mata yang di hasilkan oleh mata dan bertujuan untuk melindungi mata dan sebagai pelumas agar mata tetap lembab dan sehat.

Air mata Refleks
Yakni dimana air mata keluar karna sebuah pemicu yang berada di sekitar kita, contohnya adalah saat kita mengupas bawang. Saat kulit bawang terkelupas ada sebuah reaksi ilmiah yang terjadi, reaksi ini mengubah Sulfoksida ( Zat yang membuat aroma bawang begitu menyengat ) menjadi asam sulfenik.Gas ini akan menyengat dan membuat mata memproduksi air mata lebih banyak dan tidak tekontrol, air mata yang keluar pada saat ini bertujuan untuk membuang zat atau partikel yang dapat membahayakan mata.

Air mata Emosional
Yakni air mata yang keluar disaat seseorang merasa terlalu sedih atau terlalu bahagia, aie mata yang keluar karna sebuah emosi berfunsi untuk menstabilkan suasana hati secepat mungkin, hal ini terjadi bersamaan dengan peningkatan denyut jantung dan ritme nafas yang melambat. Air mata emosional sendiri mengandung kadar stress yang labih tinggi. Ada ACTH dan Enkephalin yang berfungsi sebagai pembunuh rasa sakit alami yang di percaya dapat menenangkan emosi seseorang.

MANFAAT MENANGIS UNTUK KESEHATAN

Nah, setelah mengetahui jenis air mata diatas maka bisa dinyatakan bahwa air mata memang suatu ciptaan Allah swt. Yang sangat berharga. Selain itu menangis juga memiliki berbagai manfaat diantaranya :

Mengurangi stress
Menurut salah satu penelitian menangis merangsang produksi hormon endorfhin. Yaitu hormon yang berfungsi sebagai pengurang rasa sakit, stres dan membuat anda lebih tenang.

Meningkatkan mood
Pada dasarnya perubahan suasana hati bisa terjadi karna berbagai alasan yang diantaranya akibat akumulasi kadar mangan dalam tubuh. Nah, pada saat menangis kelebihan dari kadar mangan ini akan ikut hanyut bersama tetesan air mata kita sehingga mood yang sebelumnya sangat mudah berubah ubah bisa lebih stabil.

Membunuh bakteri
Pada setiap tetesan air mata memiliki kekuata antimikroba yang menhasilkan cairan enzim yang bernama Liysozyme. Enzim ini memiliki manfaat yang menakjubkan yakni bisa membunuh 90-95% bakteri hanya dalam beberapa menit

Meningkatkan penglihatan
Berdasar kan Janis jenis air mata maka kita dapat mengetahui bahwa saat mengedipkan mata pun kita mengeluakan air mata basal yakni air mata yang berfungsi untuk melembabkan mata dan menghindari membran pada mata mengering sehingga membuat mata kering dan penglihatan kabur.

Melegakan perasaan
Seperti yang kita rasakan sendiri. Bagaimana perasaan anda pasca menangis? Lega bukan ? Tentu saja, karena pada dasarnya menfaat menangis yang pertama kali kita rasakan adalah perubahan perasaan yang semulanya kacau menjadi lebih tenang. | Alvin Ulandari

Komentar

Berita lainnya