oleh

Kenali Dampak Buruk Kecanduan Game Online

Pada era digital seperti sekarang ini dimana perkembangan zaman semakin canggih. Game online sudah menjadi bagian dari gaya hidup mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Di satu sisi, game online bisa menjadi media pembelajaran jika kita mampu menyikapinya dengan benar. Ada yang sampai lancar berbicara bahasa inggris tanpa ikut kursus lantaran doyan main games. Dari game online juga dapat melatih cara berpikir lebih cepat, strategis, dan penuh konsentrasi. Belajar bisnis pun bisa melalui game online. Dan yang paling banyak menjadi alasan bermain games adalah mengusir stress.

Namun di sisi lain, games online juga menjadi ancaman bagi diri kita. Kasus kecanduan games online yang memancing tindakan kriminal. Seperti pembunuhan yang terjadi di Kota Bogor, Kasat Reskrim Polresta Bogor Kota AKP Niko N. Adiputra mengatakan Pembunuhan dilakukan seseorang Pria FP (25) terhadap sopir taksi online dengan motif rampas uang korban untuk keperluan bermain game online yang sudah kecanduan game sejak kecil, Senin (5/11/2019). Bahkan dari kecaduan game online pun dapat merenggut nyawa. Dilansir dari CNN.com, Pria asal Beijing China yang tewas setelah tiga hari berturut-turut bermain games online tanpa henti.

Kecanduan game online sama halnya dengan narkoba. Demikian diungkapkan Kepala Pusat Layanan Psikologi Pradnyagama, Retno IG Kusuma. Menurutnya, kecanduan game online bisa disebut sebagai narkoba lewat mata atau narkolema. Banyak diantara kita yang tidak tahu akan hal ini. Tanpa sadar kebiasaan ini menbuat mental dan sikap yang tak terkendali. Oleh karenanya kenali beberapa dampak buruk bermain games online.

Membuat orang terisolir
Efek ini yang berakibat melalaikan kehidupan nyata. Inilah masalah utama yang dihadapi para gamers. Memunculkan sikap antipati karena terlalu seringnya asik bermain game. Dan lupa akan kehidupan nyatanya.

BACA JUGA:  Bahan Alami yang Ada di Dapur Ini Ampuh Kecilkan Pori-pori Tanpa Merusak Wajah

Kesehatan terganggu
Karena seseorang yang bermain game dalam waktu yang sangat lama ia hanya melakukan kegiatan pasif yang merampas hak badan untuk bergerak aktif. Selain itu pola makan dan tidur pun tidak teratur sehingga mudah terserang penyakit.

Menimbulkan Gangguan Psikologis
Menghayal dan pikirannya selalu tertuju pada games sehingga pola pikir dan tingkah laku banyak dipengaruhi jalan cerita games yang dimainkannya.

BACA JUGA:  Lewat Meme, Klinik Nabila Depok Kenalkan Edukasi Kesehatan bagi Milenial

Pemborosan
Game online telah menjadi candu. Jika seseorang telah kecanduan, ia dapat mengorbankan apapun demi keinginannya. Bahkan menghalalkan segala cara agar bisa terus bermain game online.

Itulah beberapa dampak negatif dari kecanduan games online. Idealnya bermain games hanya sekedar pelengkap kegiatan di waktu senggang. Seperlunya saja dan bukan menu utama. (Keenan Jaki Kahardian)

Komentar

Berita lainnya