oleh

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Manusia memiliki 5 indera yang membantu segala aktifitas kehidupan sehari-hari. Salah satu dari kelima indera tersebut adalah mata. Mata merupakan indera pengelihatan yang paling sering digunakan dibandingkan indera yang lainnya.

Melalui mata, kita dapat mengenal segala wujud keindahan dunia, serta mengetahui berbagai macam bentuk, warna dan ukuran benda-benda yang ada. Selain itu, dengan mata kita dapat membaca dan belajar.

Perlu diketahui, bahwa sekitar 75% inforamsi yang kita dapat berupa informasi visual. Maka dari itu, kesehatan mata sangatlah penting untuk dijaga. Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

BACA JUGA:  Bagaimana Keterlibatan PAUD dalam Penanggulangan Stunting?

Untuk itu, yuk simak cara untuk menjaga kesehatan mata berikut ini.

Penuhi kebutuhan vitamin mata
Mata memerlukan beberapa vitamin agar kesehatnnya terus terjaga. Beberapa vitamin tersebut ialah Vitamin A (beta-karoten), asam lemak omega-3, Seng, Vitamin E, Vitamin C, Zeaxanthin, dan lutein. Kandungan vitamin tersebut dapat ditemukan pada makanan sehari-hari seperti telur, ikan laut seperti tuna salmon dan sarden, sayuran hijau, ubi, labu kuning, kacang almond, buah jeruk dan stroberi.

Selingi mata melihat ke luar ruangan
Seperti yang dilansir dari Free Malaysia Today, Scott Read, Profesor dari Queensland University of Technology, Australia, mengungkapkan bahwa menghabiskan waktu lebih banyak di tempat dengan cahaya natural adalah cara jitu untuk menjaga mata agar tetap sehat.

BACA JUGA:  Micin Berbahaya, Benar atau Salah?

Hilangkan kebiasaan merokok
Sudah diketahui bahwa merokok dapat membahayakan kesehatan tubuh, termasuk mata. Bahaya rokok bagi kesehatan mata ialah dapat meningkatkan resiko katarak, degenarasi macular atau hilangnya pengelihatan sentral karena rusaknyua macula (bagian tengah retina), dan mampu merusak saraf optik. Selain itu merokok juga dapat menyebabkan diabetes yang juga berpengaruh terhadap kesehatan mata.

Batasi menatap layar elektronik
Menurut staf Divisi Oftalmologi Departemen IK Mata FKUI-RSCM, dr. Julie Dewi Barliana, SpM(K), M. Biomed, bahwa layar ponsel dapat menyebabkan mata terasa kering, panas, berair, bahkan katarak. Maka dari itu mengistirahtkan mata dari melihat layar elektronik sangatlah penting untuk mesehatan mata.

BACA JUGA:  Bahaya Menonton Video Porno Terhadap Otak

Lakukan pemeriksaan rutin
Untuk mengetahui kondisi kesehatan mata, kalian dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis mata. Dengan begitu kita akan tahu bagaimana cara merawat kesehatan mata kita dengan baik dan benar sesuai anjuran dokter untuk mencegah terjadinya kerusakan mata di kemudian hari.

Komentar

Berita lainnya