oleh

Sah! Forum Wartawan Jakarta Deklarasi di Gedung Joeang 45

-JABOTABEK-1.320 views

JAKARTA – Lahirnya Forum Wartawan Jakarta (FWJ) menjadi muatan baru dalam konsistensi peran pers di wilayah Jakarta sebagai bentuk sinergitas di 5 elemen, yakni Pemerintahan Daerah, Institusi Kepolisian Polda Metro Jaya, Institusi Keamanan di wilayah Pangdam Jaya, kontrol pengawasan anggaran DPRD DKI Jakarta, serta membangun komunikasi aktif dengan para stake-holder dan para pengusaha.

Hal itu dikatakan ketua Forum Wartawan Jakarta, Mustofa Hadi Karya yang akrab disapa Opan saat deklarasi FWJ di Gedung Joeang 45 Jakarta Pusat, Minggu (28/7/2019).

“Sedikitnya ada 80 media, dan 121 wartawan yang baru terdata dan menggabungkan diri dalam Forum ini, kami tidak membatasi wartawan yang akan bergabung di FWJ, asal teman-teman mengisi formulir dan membawa surat tugas peliputan DKI dari media nya,” katata Opan saat konferensi pers nya usai Deklarasi FWJ.

Menurutnya, Pena adalah satu-satunya senjata yang dimiliki wartawan, untuk itu dengan pena, maka FWJ diyakini akan mampu membuka cakrawala.

Disinggung soal sinergitas FWJ dengan berbagai elementasi yang ada, Opan menyebut semua sektor di DKI menjadi target kegiatan FWJ, bahkan ia juga menegaskan dalam dekat ini akan membangun komunikasi ke Gubernur DKI, Anies Baswedan guna membicarakan kaitan BPJS ketenagakerjaan untuk profesi sosial kontrol, membangun UMKM yang berbasis koperasi wartawan terfokus pada anggota FWJ, sekaligus menyoroti di sektor pariwisata, budaya, sosial (potret jakarta), pendidikan, dan pembangunan disetiap sektornya.

“Ya, insyaa Allah dalam dekat ini kami akan audiensi ke pak Gubernur, hasilnya akan kita infokan nanti,“ ucapnya.

Dalam deklarasi Forum Wartawan Jakarta (FWJ) dihadiri lebih dari 100 wartawan dari berbagai media, serta pelindung dari utusan Pangdam Jaya, Kapten (Inf) Toif, utusan Polda Metro Jaya, AKBP Gede, beberapa dewan pembina maupun dewan penasehat FWJ diantaranya Habib Abdul Qadir, Dedi Ruslan, Taufik Rahman, Lemens, Joko Irianto Hamid, Ali Zainal Abidin, dan perwakilan penasehat hukum FWJ Pitra Romadhoni Nasution.

Keseriusan Forum Wartawan Jakarta (FWJ) sepakat menandatangani hasil pengurusan yang telah di deklarasikannya bersama. Hal itu dikatakan Opan sebagai bentuk komitmen dan langkah awal dalam menjalankan program kedepan FWJ.

Acara deklarasi yang dibawakan MC kondang Mucle serta santunan anak yatim dan juga dimeriahkan oleh kelompok sanggar sandal jepit yang mengisi akustik lagu ‘Sang Jurnalis‘ serta teaterikal tentang masih terkatung-katungnya kemerdekaan pers di Indonesia menyemarakkan dikukuhkannya pengurus Forum Wartawan Jakarta.

“Kami yakin, forum ini akan menjadi satu terobosan positif dalam merangkul kebersamaan seprofesi wartawan. Tidak media maenstrem maupun non-maenstrem, semua sama sebagai wartawan,“ pungkasnya.

Komentar

Berita lainnya