oleh

Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Masa Pancaroba

Minggu-minggu ini kita sering dikagetkan dengan cuaca yang kurang jelas, panas terik pada siang hari dan hujan baik disore atau malam hari, hal ini merupakan tanda-tanda dari pergantian musim (pancaroba) yang terjadi pada setahun sekali.

Pancaroba merupakan tanda musim pergantian baik kemarau ke musim hujan, atau sebaliknya dengan ditandai adanya cuaca ekstrem yang tidak jelas alurnya, dimana terik matahari sangat panas pada siang hari dan dilanjut dengan hujan pada sore atau malam harinya.

Hal itu menjadikan suhu yang ada di tubuh manusia menjadi kurang teratur dan mudah terserang penyakit jika tidak merawat diri dan menjaganya. Beberapa penyakit biasanya terjadi pada musim pancaroba ini, diantaranya seperti penyakit flu dan batuk, pilek, dan pusing yang lebih di dominasi oleh saluran pernafasan.

BACA JUGA:  Metode Self Healing, Menjadi Penyembuh bagi Diri Sendiri

Oleh karena itu, teruntuk masyarakat agar lebih memperhatikan beberapa tips dalam menghadapi pancaroba ini, antara lain seperti.

1. Istirahat yang cukup

Dalam rutinitas kita kadang melupakan kesehatan kita untuk melakukan suatu pekerjaan, perlunya istirahat yang cukup agar lebih menjaga ketahanan tubuh dalam menghadapi cuaca yang kurang jelas saat pancaroba, untuk itu istirahat yang cukup merupakan langkah awal dalam menghadapi pancaroba ini..

BACA JUGA:  Metode Self Healing, Menjadi Penyembuh bagi Diri Sendiri

2. Mengatur pola makan, dan meminum air putih yang cukup

Pola makan dalam menghadapi pancaroba tentunya memiliki pengaruh yang kuat, terutama dalam hal makanan yang pedas dan kurang sehat, sebiknya kita agar lebih menjaga pola makan dan meminum air putih guna menetlalisir kader darah yang ada di tubuh kita. Selain itu hindari minum es yang berlebih, minum es berlebih biasanya sangat berpengaruh dalam pancaroba ini, karena bisa menimbulkan batuk dan pilek

BACA JUGA:  Metode Self Healing, Menjadi Penyembuh bagi Diri Sendiri

3. Konsumsi vitamin dan suplemen

Vitamin dan suplemen berguna untuk mempertahankan daya tubuh kita dalam menghadapi pancaroba, baik dari vitamin buah atau suplemen beli yang ada di toko obat maupun apotik tertentu. Buah-buahan dan sayur-sayuran memiliki vitamin yang mengandung kader kekebalan tubuh, oleh karna itu sangat dianjurkan.

4. Olahraga secara teratur

Olahraga merupakan cara ampuh untuk menambah kekebalan tubuh selain dari asupan vitamin. Dengan menggerakan seluruh anggota badan dengan berolahraga kekebalan tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit. (Arif Rahman Hakim)

Komentar

Berita lainnya