Mengenal Ekuitas, Jenis, dan Contohnya

Mengenal Ekuitas, Jenis, dan Contohnya

Ekuitas adalah suatu bagian dari hak pemilik dalam sebuah perusahaan yakni selisih antara aktiva dan kewajiban yang ada dan demikian juga tidak termasuk ukuran nilai jual suatu perusahaan.

DEPOKPOS – Dalam ilmu akuntansi terdapat istilah ekuitas sangat penting dan digunakan dalam usaha bisnis. Ekuitas adalah komponen yang cukup penting dalam analisis keuangan. Lantas apa yang dimaksud dengan ekuitas?

Dikutip dari buku Akuntansi Keuangan, Siti Noor Khikmah (2016), ekuitas adalah suatu bagian dari hak pemilik dalam sebuah perusahaan yakni selisih antara aktiva dan kewajiban yang ada dan demikian juga tidak termasuk ukuran nilai jual suatu perusahaan.

Bacaan Lainnya

Berikut pengertian ekuitas dan jenisnya

Pengertian

Mengutip dari buku Akuntansi Pajak: Teori, Praktik, dan Implementasi, ekuitas adalah selisih nilai antara nilai aset dan liabilitas.

BACA JUGA:  BNI Ventures Luncurkan BNV Arcade Perkuat Ekosistem Startup

Pada dasarnya ekuitas berasal dari modal pemilik dan laba atas hasil aktivitas bisnis perusahaan, yang perlu diketahui bahwa nilai ekuitas tidak selamanya positif, bisa jadi negatif akibat nilai beban lebih besar daripada nilai aset yang dimiliki.

Umumnya, ekuitas merupakan besarnya modal atau harta yang dikeluarkan perusahaan untuk memenuhi operasional perusahaan, harta tersebut akan mengalami penurunan nilai karena kewajiban-kewajiban yang harus dibayarkan seperti utang dan beban.

Ekuitas dapat mengalami perubahan jika terjadi penarikan kembali penyertaan modal oleh pemilik, adanya pembagian keuntungan ataupun kerugian.

Jenis-jenis Ekuitas

Ekuitas Pemegang Saham:Aset yang Mengalir kembali
Ekuitas ini mempertimbangkan nilai semua aset perusahaan yang akan mengalir kembali ke pemegang saham saat terjadi likuidasi, namun dengan syarat kewajiban perusahaan terpenuhi terlebih dahulu. Terbagi dalam modal setoran dan laba ditahan, mencerminkan kondisi finansial dan nilai tambah perusahaan.

BACA JUGA:  Pentingnya Laporan Keuangan dalam Pengambilan Keputusan Bisnis

Ekuitas Pemilik Perusahaan: Kekayaan dalam Nilai Bersih
Merupakan ekuitas yang menggambarkan kekayaan bersih atau aset bersih perusahaan setelah seluruh kewajiban dikurangi. Inklusif dari modal yang diinvestasikan dan laba yang ditahan, mengindikasikan investasi dan keuntungan jangka panjang.

Pembiayaan Ekuitas: Investasi dalam Pertumbuhan
Pembiayaan ekuitas mewakili dana yang ditanamkan dari pemilik atau investor sebagai bagian dari kepemilikan perusahaan, sering kali melalui investasi saham. Tujuan utamanya adalah untuk memperoleh dana usaha, meningkatkan profit, serta memperbaiki kondisi dan pertumbuhan perusahaan.

Ekuitas Rumah: Nilai Properti yang Terukur
Ekuitas rumah menilai sebuah properti setelah mengurangi total hipoteknya. Pemahaman nilai properti ini penting dalam transaksi jual-beli, serta menjadi indikator keuangan pribadi yang signifikan.

BACA JUGA:  Strategi Pengembangan UMKM di Era Digital

Ekuitas Merek: Kekuatan Identitas dan Loyalitas
Mereka dengan ekuitas tinggi memiliki keunggulan kompetitif, terutama melalui identitas merek yang kuat. Konsistensi merek, loyalitas konsumen, persepsi kualitas, dan kepercayaan yang dibangun menjadi pondasi kuat bagi ekuitas merek yang tinggi.

Dengan memahami esensi ekuitas, terbuka lebar peluang untuk melihat lebih dari sekadar angka dalam laporan keuangan.

Ekuitas adalah cerminan nilai nyata dari kontribusi pemilik, investasi, dan keberhasilan perusahaan. Ini bukan hanya tentang nilai bersih, melainkan fondasi yang menggambarkan arah dan keberlanjutan suatu entitas keuangan.

Dari nilai ekuitas hingga elemen-elemennya, pemahaman yang mendalam terhadap konsep ini menjadi jendela penting untuk melihat lebih dalam dalam dunia keuangan yang dinamis dan kompleks.

Aisyah Gaswati
STEI SEBI

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait