IBH dan Kepala DLH Jakarta Bahas Rencana Aksi Perbaikan Situ Pedongkelan

IBH dan Kepala DLH Jakarta Bahas Rencana Aksi Perbaikan Situ Pedongkelan

DEPOK – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono (IBH) bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Asep Kuswanto meninjau Situ Pedongkelan di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Rabu (10/07/24) pagi.

Dalam kunjungannya tersebut, IBH mengungkapkan, pihaknya ingin melakukan aksi perbaikan lingkungan di Situ Pedongkelan bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  PPDB Jenjang SMAN 2024 Antara Harapan dan Kenyataan

Dimana, keberadaan Situ Pedongkelan ini berada diperbatasan Depok dengan DKI Jakarta.

“Dalam jangka pendek mudah-mudahan bisa melakukan perbaikan terutama masalah sampah dan endapan sedimentasi,” tutur IBH.

IBH menambahkan, Pemprov DKI Jakarta sudah banyak membantu Kota Depok dalam memperbaiki kondisi situ-situ di Kota Depok.

Selain itu juga memberikan banyak bantuan hibah seperti tahun lalu sebesar Rp17 Miliar untuk Situ Sidomukti di Studio Alam TVRI , Situ Tipar, dan beberapa situ lainnya.

“Harapan kedepannya lebih banyak yang diberikan untuk memperbaiki situ-situ dalam rangka menjaga kelestarian alam di wilayah Jabodetabek dan juga mengatasi banjir,” tambahnya.

BACA JUGA:  Kadis Akui Usia Mobil Damkar Depok Sudah Tua

Dikatakan IBH, berdasarkan tinjauan yang dilakukan di Situ Sidomukti terjadi pendangkalan dan endapan sedimentasi.

Lebih lanjut, IBH menambahkan, untuk anggaran normalisasi Situ Pedongkelan hingga saat ini belum ada baik dari Kota Depok maupun Pemprov DKI Jakarta.

“Harapannya bisa dikembangkan seperti situ lainnya sebagai tempat menampung air, wisata, sarana olahraga, maupun sarana lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengungkapkan, terkait keberadaan Situ Pedongkelan tersebut pihaknya akan segera mendiskusikannya.

BACA JUGA:  Survei KedaiKopi: 68,2 Persen Responden Pilih IBH, 24,6 Persen Pilih SS

“Setelah dilihat, sudah cukup cetek dan perlu dilakukan penanganan. Ini menjadi tanggung jawab bersama antara Pemprov DKI Jakarta dan Kota Depok,” jelasnya.

Dirinya berharap, rapat teknis dapat segera dilakukan, mengingat saat ini sedang dilakukan penyusunan anggaran APBD tahun 2025.

“Ini merupakan waktu yang tepat, agar rencana kedepannya mau seperti apa bisa dilakukan dan ditangani bersama,” tutupnya.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait