Tips Membagi Waktu untuk Ibu Pekerja Ketika Menyambut Liburan Sekolah

Tips Membagi Waktu untuk Ibu Pekerja Ketika Menyambut Liburan Sekolah

DEPOKPOS – Liburan adalah waktu yang diambil dari pekerjaan, sekolah, atau rutinitas lainnya untuk istirahat, bersantai, dan mengisi waktu luang.

Ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti perjalanan, bersantai, mengunjungi teman dan keluarga, atau mengejar hobi dan minat pribadi.

Bacaan Lainnya

Liburan dapat bervariasi dalam jangka panjang dan dapat diambil pada waktu apa saja setiap tahun, tetapi biasanya terkait dengan hari libur nasional atau musim liburan tertentu.

Kita dapat memberikan kesempatan penting bagi anak-anak untuk melepaskan stres, mengisi ulang energi, dan memulihkan diri, baik secara fisik maupun mental.

Berikut ada beberapa tips untuk membantu para ibu pekerja membuat rencana dalam menyambut liburan sekolah :

  • Buat daftar tugas, mulailah dengan membuat daftar semua tugas yang perlu diselesaikan sebelum liburan sekolah, seperti membeli pakaian baru, mengatur perjalanan, dan membuat rencana untuk waktu liburan. Jadi, terlebih dahulu mempersiapkan persiapan sekolah sebelum mulai beraktivitas disekolah, tips tersebut jauh lebih efisien
  • Komunikasikan dengan keluarga, terutama anak-anak pastikan untuk berkomunikasi tentang rencana kita dan memastikan bahwa kita tahu apa yang diharapkan dari kemauan dan kesukaan anak-anak kita.
  • Buat jadwal, tentu sangat sulit bagi ibu pekerja memiliki daftar tugas dan memprioritaskan anak-anak, tips dari saya yaitu buat jadwal untuk waktu Anda. Jadwal ini harus mencakup waktu untuk tugas-tugas penting, waktu untuk bersantai dan bersenang-senang, dan waktu untuk liburan bersama keluarga (Quality time)

Ada banyak pengalaman yang sangat berkesan dan positif bagi anak-anak selama liburan sekolah.

Beberapa contoh termasuk :

  • Perjalanan ke tempat wisata ialah pada saat liburan sekolah adalah kesempatan yang bagus bagi anak-anak untuk menjelajahi tempat baru dan mengalami budaya yang berbeda.
  • Kegiatan ekstrakurikuler, Banyak sekolah menawarkan kegiatan ekstrakurikuler selama liburan, seperti olahraga, musik, teater, dan seni. Ini dapat memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan baru, membuat teman baru, dan mengalami kegiatan yang mereka mungkin tidak memiliki kesempatan untuk mencoba selama tahun sekolah.
  • Mencoba hal baru pada liburan sekolah adalah kesempatan yang bagus bagi anak-anak untuk mencoba aktivitas baru dan mengalami hal baru, dengan didampingi sosok “ibu” liburan akan jauh lebih berkesan.

Menghabiskan waktu berkualitas dengan anak-anak selama liburan sekolah dapat memberikan banyak manfaat yaitu kita membangun hubungan yang lebih erat dengan anak, memperbaiki komunikasi dengan anak, dengan cara belajar bagaimana berkomunikasi dengan baik dan lembut, tanpa kita sadari “ibu pekerja” jauh lebih detail memperhatikan tumbuh kembang anak-anak nya disaat libur sekolah ini.

Deva Rani Kurniawan, Mahasiswa Universitas Pamulang

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait