Mahasiswa Akuntansi Unpam Gelar PMKM Pengenalan Aplikasi

Mahasiswa Akuntansi Unpam Gelar PMKM Pengenalan Aplikasi

DEPOKPOS – PMKM merupakan salah satu wujud implementasi dari Tridharma Perguruan Tinggi, dimana PMKM akan meningkatkan mutu Mahasiswa di perguruan tinggi yaitu dengan memiliki kemampuan akademis maupun profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan serta berbagi kemampuan tersebut kepada masyarakat.

Minggu, tanggal 19 Mei 2024 Mahasiswa Program Studi Akuntansi S1 Universitas Pamulang mengadakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM), kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Tim Mahasiswa Prodi Akuntansi S1 yang terdiri dari Hanifah Ariyani, Lailatul Nur Adila, Latifa Safara Falih, dan Leisya Indah Sari.

Bacaan Lainnya

Kegiatan PMKM dilaksanakan di Asrama Daarul Arifin Dzulqarnain yang berlokasi di Jl. Pertanian RT.06/06 No.38 Parigi Lama, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Yayasan ini menaungi anak-anak yatim dan/atau piatu yang ingin bersekolah tetapi terhambat ekonomi keluarga. Saat tim Mahasiswa mengadakan kegiatan PMKM, anak-anak Yayasan terdiri dari 9 orang tetapi yang dapat hadir hanya 8 orang. Anak-anak yang dinaungi oleh Yayasan akan silih berganti jika sudah menyelesaikan masa sekolah yakni 12 tahun.

BACA JUGA:  UI Anugerahkan Gelar Adjunct Professor kepada Pakar Onkologi Radiasi dari Jepang

Judul kegiatan PMKM ini yaitu Peran Aplikasi Quizziz Sebagai Teknologi Pendidikan Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Guna Mendukung Efektifitas Pembelajaran di Asrama Yatim & Dhuafa Daarul Arifin Dzulqarnain yang bertujuan untuk membangkitkan semangat belajar anak-anak di Asrama Yatim & Dhuafa Daarul Arifin Dzulqarnain melalui materi-materi yang dikemas menjadi games pada aplikasi Quizizz.

Aplikasi Quizizz adalah aplikasi teknologi pendidikan yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar-mengajar untuk mendukung efektivitas pembelajaran, siswa dapat belajar dengan cara yang lebih interaktif dan menyenangkan. Misalnya, guru dapat membuat kuis online tentang materi pelajaran, kemudian siswa dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui aplikasi ini. Dengan menggunakan Quizizz, proses belajar menjadi lebih menarik dan efektif. Siswa dapat belajar sambil bersenang-senang dan guru dapat memantau perkembangan mereka dengan lebih mudah. Sehingga, aplikasi Quizizz dapat menjadi media pembelajaran yang bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat dalam proses pendidikan.

BACA JUGA:  Dies Natalis ke-60, FTUI Luncurkan Departemen Interdisiplin Keteknikan

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh MC, dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Eka Rima Prasetya, M.Pd. selaku dosen pembimbing dan Bapak Ahmad Arifin selaku Pimpinan Asrama Yatim & Dhuafa Daarul Arifin Dzulqarnain. Selanjutnya pemaparan materi oleh Tim Mahasiswa Prodi Akuntansi Unpam, dimana materi tersebut terdiri dari pengertian Quizizz, Manfaat Quizizz serta peran aplikasi Quizizz dalam kegiatan pembelajaran.

Pada tahap selanjutnya anak-anak melakukan praktek cara menggunakan aplikasi Quizziz dengan mengerjakan soal-soal yang sudah dibuat dan didampingi langsung oleh Tim Mahasiswa Akuntansi Unpam. Dari praktek tersebut didapatkan 3 juara yang nantinya akan diberi hadiah kepada masing-masing juara tersebut.

BACA JUGA:  Ditunjuk Biden jadi Penggantinya di Pilpres AS, Ini Kata Kamala Harris

Setelah pemberian hadiah, Tim Mahasiswa Akuntansi Unpam menutup acara dengan mengucapkan rasa terima kasih kepada Asrama Yatim & Dhuafa Daarul Arifin Dzulqarnain khususnya kepada Bapak Pimpinan Asrama serta Anak-anak yang hadir dalam kegiatan PMKM ini karena sudah mengizinkan Tim Mahasiswa Akuntansi Unpam untuk menyelenggarakan kegiatan PMKM ini. Besar harapan kami dengan adanya PKM ini anak anak lebih bersemangat dalam belajar dan peduli terhadap cita-cita mereka dimasa depan.

Penulis,
Hanifah Ariyani
Lailatul Nur Adila
Latifa Safara Falih
Leisya Indah Sari

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait