Menanggulangi Stres dengan Al-Qur’an

Al-Qur’an mengajarkan banyak cara untuk mengatasi stress

DEPOKPOS – Tekanan hidup yang dihadapi manusia modern setiap harinya tidak jarang memberikan efek buruk bagi kesehatan jiwa. Gundah gulana, gelisah, bahkan stres menghantui setiap setiap orang yang bergelut dengan berbagai rutinitas harian.

Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari ketidakberdayaan menanggung beban hidup, kegagalan, tekanan eksternal dan permasalahan berat lainnya. Allah SWT menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi orang-orang yang beriman.

Bacaan Lainnya

Al-Qur’an memiliki banyak nama lain yang sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Salah satu nama dan sifat Al-Qur’an yang belakangan banyak dibahas yakni Asy-Syifa atau sebagai penyembuh.

Stress sendiri memiliki banyak faktor penyebab, bisa melalui external ataupun internal. Allah SWT juga menjelaskan dalam Al-Qur’an stress bisa terjadi dikarenakan emosi negatif seperti takut, marah, sedih (Q.S Al –Ambiya yat 140, Abasa ayat 33-37, surat Yusuf ayat 84-86, At –Taubah ayat 92, Al-A’raf ayat 150 dan Thoha ayat 92-94 (Darwanti, 2022).

BACA JUGA:  Implementasi Dzikir Terhadap Ketenangan Hati

Dari banyak nya faktor penyebab stress, stress juga terdapat banyak cara penanganannya, bisa melakukan hal yang kita sukai, Mengembangkan hobi, Merelaksasi kan pikiran, dan bisa juga melalui ibadah (P2PTM Kemenkes RI, 2018).

Ibadah sendiri terdapat berbagai macam cara, selain sholat yang pastinya wajib dilaksanakan dalam islam membaca Al-Qur’an pun bisa membantu menanggulangi stress.

Dalam surat Al-Baqarah ayat 286 mengajarkan kita untuk tenang mempercayakan segala nya kepada Allah SWT, untuk membantu kita menghindari dari perasaan khawatir atau cemas. Dari sini saja kita sudah mendapatkan pencerahan mengenai Al-Qur’an bisa membantu kita dalam menanggulangi stress.

Selain itu membaca dan menghafal dzikir-dzikir yang diajarkan dalam Al-Qur’an seperti surat An-Nas dan al-falaq dapat membuat kita merasakan ketenangan batin dan fikiran.

Dan masih banyak lagi surat-surat Al-Qur’an yang membantu kita untuk jauh lebih, namun terkadang kita enggan untuk menghubungkan stress dengan hal-hal keagamaan yang menjadikan fokus kita hanya tertuju pada hal-hal duniawi untuk mengatasi stress.

BACA JUGA:  Implementasi Dzikir Terhadap Ketenangan Hati

Padahal Al-Qur’an mengajarkan banyak cara untuk mengatasi stress, seperti pada penjabaran diatas. Memperhatikan kondisi kesehatan, dukungan sosial dan mendapatkan profesional Al-Qur’an juga sebaiknya dijadikan sarana untuk menanggulangi stress.

Sejatinya stress sendiri sudah terjadi pada zaman Nabi sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Qashash ayat ke 28 :

Dia (Musa) berkata, “Itu (perjanjian) antara aku dan engkau. Yang mana saja dari kedua waktu yang ditentukan itu yang aku sempurnakan, maka tidak ada tuntutan (tambahan) atas diriku (lagi). Dan Allah menjadi saksi atas apa yang kita ucapkan.”

Dari firman itu Allah SWT menjelaskan kesulitan hidup dan stress nya Nabi Musa AS dalam menjalani hidupnya. Allah SWT juga menggambarkan bagaimana Nabi Musa AS menghadapi tantangan dan kesulitan besar, yang salah satunya ialah gangguan dari Fir’aun, pengkhianatan dari sebagian kaumnya, dan juga beberapa konflik internal dalam masyarakat.

Dan masih banyak lagi surat-surat yang menjelaskan kesulitan yang dialami para Nabi dan Rasul yang menjadikan mereka stress. Mereka yang sejatinya dulu mengalami keresahan batin hanya dengan melawannya dengan fikiran positif dan senantiasa mengingat Allah SWT pasti akan memberikan bantuan-Nya dapat membantu menanggulangi stress yang mereka alami.

BACA JUGA:  Implementasi Dzikir Terhadap Ketenangan Hati

Dari penjelasan surat diatas mengenai beberapa surat yang membahas mengenai pengertian stress, gambaran stress yang sudah dari dahulu terjadi dan salah satu dari surat yang dapat membantu mengurangi stress, kita sudah bisa mendapatkan pelajaran bahwasanya Al-Qur’an juga dapat menjadi faktor kontribusi dalam menanggulangi stress.

Ada baiknya kita sebagai makhluk ciptaan-Nya selalu melibatkan Allah SWT dalam segala hal, dan senantiasa mengingat-Nya dapat menjadikan kita terhindar dari berbagai macam kerisauan batin. Membaca dan merenungkan ayat-ayat Al-Qur’an dapat membantu seseorang untuk menenangkan pikiran, menemukan ketenangan dalam diri, dan mendapatkan pemahaman tentang cara menghadapi tantangan hidup.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait