Festival Literasi 2023, Upaya Bangkitkan Semangat Gemar Membaca

Saat ini aktivitas membaca buku sudah mulai ditinggalkan karena majunya teknologi

DEPOK – Asisten Administrasi Umum pada Sekretariat Daerah Kota Depok, Nina Suzana berharap festival literasi tahun 2023 mampu membangkitkan semangat gemar membaca pada masyarakat. Dimana saat ini aktivitas membaca buku sudah mulai ditinggalkan karena majunya teknologi.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud upaya dari Pemerintah Kota dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok untuk terus membangkitkan semangat membaca. Karena sekarang sudah mulai luntur aktivitas membaca dan ini kita sudah memang harus memulai kembali,” ujar Nina Suzana kepada awak media, Selasa (12/12/23).

BACA JUGA:  Sekolah Lansia Sehati Resmi Diluncurkan

Dirinya menjelaskan, saat ini Kota Depok memiliki perpustakaan yang bisa dimanfaat oleh masyarakat dengan beragam koleksi buku di dalamnya. Dengan membaca buku, imbuhnya dapat membentuk anak-anak yang berhasil dan berdaya.

“Kami berharap perpustakaan yang kita miliki bisa dimanfaatkan oleh seluruh warga Kota Depok, bukan oleh anak-anak dan pelajar saja tetapi juga orang dewasa agar terus gemar membaca,” jelasnya.

BACA JUGA:  Sekolah Lansia Sehati Resmi Diluncurkan

Lebih lanjut, menurutnya literasi buka hanya sekadar bisa membaca saja tapi juga harus mampu untuk menganalisa dan mengolah informasi yang didapat. Sebab saat ini semua informasi bisa didapatkan melalui gawai, mulai dari yang baik hingga yang buruk.

“Jadi jika ada informasi yang salah bisa langsung kita bendung agar tidak terlalu menyebar ke yang lainnya dan itu menjadi tantangan bagi kami,” tutupnya