Intip 5 Ide Tak Biasa untuk Liburan yang Lebih Berwarna

Bagi banyak orang, liburan akhir tahun merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Apalagi di tengah padatnya kesibukan, waktu libur menjadi kesempatan melepas penat dan mengisi kembali energi, sambil menciptakan berbagai kenangan tak terlupa bersama keluarga.

Tak heran, data statistik Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta mencatat angka keberangkatan perjalanan luar negeri oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang meningkat hingga 72% pada bulan Juli 2022 ke 2023. Kini bagi yang hendak berlibur, namun bosan dengan kegiatan yang sama setiap tahunnya, simak lima ide seru berikut ini dan bersiap jadikan momen liburan akhir tahun semakin bermakna!

1. Mempelajari budaya baru lewat festival

Beberapa negara memiliki perayaan besar sebagai tradisi yang diadakan setiap tahunnya. Baik dalam bentuk upacara sakral maupun karnaval, acara tersebut mengajak pengunjung mengenal lebih jauh budaya lain di dunia. Saat merencanakan liburan, carilah informasi mengenai perayaan tahunan terkenal yang akan digelar, seperti iring—iringan wahana pawai pada Festival Musim Gugur Takayama di Kuil Sakurayama Hachimangu, Jepang yang masuk ke dalam Daftar Representatif Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan dari UNESCO.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Hadiah Lebaran untuk Orang Tua, Belanja Murah di Lebaran Sale Blibli!

2. Berpetualang di pegunungan tertutup salju

Musim dingin merupakan momen yang tepat untuk menghabiskan liburan di Pegunungan Alpen, Swiss dengan kemegahan puncaknya yang tertutup salju. Sebagai salah satu pegunungan ternama di dunia, pengunjung dapat menikmati keindahannya lewat berbagai aktivitas berbeda, mulai dari bermain ski, mendaki, atau sekedar bersantai sambil menghirup udara yang segar. Tak hanya itu, pegunungan ini juga menyediakan berbagai fasilitas, termasuk penginapan yang nyaman, tempat wisata berkualitas, serta area perbelanjaan.

3. Mengikuti upacara minum teh tradisional

Meski minuman kopi kini banyak digemari, namun keberadaan teh tetap memegang peranan penting, terutama dalam sejarah Korea yang telah ada sejak ribuan tahun lalu. Jika ingin berlibur sambil mempelajari sejarah dan merasakan langsung tradisi kuat yang masih dipertahankan hingga saat ini, datanglah ke Istana Gyeongbokgung di Seoul, Korea Selatan yang memberikan pengenalan akan budaya minum teh, pembuatan kue madu sekaligus tata krama tradisional di bangunan khas Korea yang begitu menawan.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Hadiah Lebaran untuk Orang Tua, Belanja Murah di Lebaran Sale Blibli!

4. Jelajahi gurun pasir terkenal di dunia

Bagi sebagian orang yang menyukai liburan dengan petualangan menantang, wisata gurun pasir di Gurun Sahara, Maroko bisa menjadi pilihan yang cukup tepat. Gurun terbesar ketiga di dunia ini menyediakan beragam aktivitas yang dapat memicu adrenalin di tengah hamparan pasir keemasan yang memukau, seperti bermain sand boarding, berpetualang dengan menunggangi unta, hingga menginap dan menikmati langit malam bertabur bintang di tengah padang pasir.

BACA JUGA:  7 Rekomendasi Hadiah Lebaran untuk Orang Tua, Belanja Murah di Lebaran Sale Blibli!

5. Mengenal pesona kehidupan bawah laut

Sama seperti kehidupan satwa liar di daratan yang menakjubkan, kehidupan alam di bawah laut juga menyimpan sejuta pesona. Rasakan pengalaman luar biasa saat melihat langsung kekayaan hayati yang dimiliki oleh surga bawah laut dari jarak yang sangat dekat. Ajak keluarga berlibur ke Great Barrier Reef, Australia dan berjalanlah di sepanjang dasar laut dengan helm selam untuk mengamati kehidupan laut yang mengagumkan di antara keindahan terumbu karang langka berusia 400 tahun.

Namun perlu diingat, rencana liburan yang baik membutuhkan persiapan matang sejak jauh hari. Setelah menentukan ide liburan akhir tahun, carilah informasi mengenai harga tiket pesawat dari negara tujuan wisata dengan mengunjungi beberapa pameran perjalanan yang menawarkan beragam promo menarik.