Opini  

Cantik dalam Pandangan Islam

Oleh: Azizah Nur Fadhilah, Anggota Komunitas Muslimah Menulis Depok

Umumnya wanita ingin tampil cantik, memiliki wajah yang cerah, kulit putih dan penampilan fisik yang menarik dan sempurna. Bahkan, para wanita ini mengindentikkan kecantikannya dengan kemolekan tubuh yang bisa dipandang siapa pun. Oleh karenanya banyak dari mereka sampai rela datang ke klinik kecantikan atau membeli produk-produk kecantikan yang harganya tidak murah demi ingin disebut cantik.

Itulah definisi cantik yang dipahami para wanita yang hidup di sistem sekuler. Padahal, kecantikan dalam Islam sungguh jauh berbeda. Kecantikan dalam Islam bukan dilihat dari fisik dan rupa semata, tapi cantik alami, lahir dari akhlaknya yang mulia, yang senantiasa setiap langkahnya selalu berpedoman kepada perintah dan larangan Allah SWT.

BACA JUGA:  Miskonsepsi tentang Feminisme dalam Pendidikan

Ketika pedoman kecantikan berdasarkan perintah dan larangan-Nya, maka para wanita ini akan menggunakan pakaian yang menutup aurat. Seperti menggunakan kerudung (khimar) dan mengenakan baju terusan (jilbab). Menggunakan kerudung (khimar) hingga menutup dada (QS an-Nur 31) dan mengenakan baju terusan (jilbab) —yang longgar dan tidak transparan— hingga di bawah mata kaki (QS al-Ahzab 59) setiap kali menemui laki-laki yang bukan mahram dan setiap ke luar rumah. Agar nyaman dipakai, kain yang digunakan hendaknya menyerap keringat dan mudah kering.

BACA JUGA:  Miskonsepsi tentang Feminisme dalam Pendidikan

Ditambah juga tidak tabarruj alias tidak berdandan untuk menarik perhatian laki-laki yang bukan mahram. “Seorang wanita dilarang berhias untuk selain suaminya” (HR Imam Ahmad, Imam Abu Dawud, dan Imam al-Nasaaiy).

Ditambah pula, tidak mengerok alis, tidak meratakan gigi, tidak bersanggul/meninggikan rambut, tidak menyambung rambut/tidak menggunakan wig, tidak bertato. Larangan dari Rasulullah SAW ini terdapat dalam banyak riwayat, di antaranya Imam Bukhari dan Imam Muslim.

BACA JUGA:  Miskonsepsi tentang Feminisme dalam Pendidikan

Itulah definisi cantik dalam pandangan Islam dan para wanita pun merasa tenang dengan pakaian takwa yang mereka kenakan.[]