UI Pertahankan Peringkat 1 di Indonesia Versi THE Asia University Rankings 2023

DEPOKPOS – Universitas Indonesia (UI) masih menjadi yang terbaik di Indonesia versi lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Times Higher Education (THE). Pada Kamis (22/6), THE mengumumkan bahwa UI menempati peringkat 1 dari 18 universitas di Indonesia yang mengikuti pemeringkatan THE Asia University Rankings 2023.

UI masuk dalam jajaran 251–300 universitas terbaik dari total 669 universitas yang berasal dari 31 wilayah di Asia. Selain itu, UI bersama National University of Singapore dan Nanyang Technological University masuk dalam peringkat 25 besar universitas terbaik di Asia Tenggara.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Edukasi Properti Sejak Dini, UI Resmikan Marketing Lounge Podomoro Golf View

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D menyampaikan apresiasinya kepada seluruh sivitas akademika UI yang telah berkontribusi dalam upaya internasionalisasi pendidikan. Ia mengatakan, “UI terus meningkatkan performanya, karena target kami adalah menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Untuk mewujudkannya, perlu upaya serius dan dukungan dari seluruh sivitas akademika, semangat berkolaborasi dengan para mitra di level nasional dan global, serta melakukan berbagai terobosan.”

UI juga memperoleh nominasi THE Asia Awards 2023 untuk kategori Workplace of the Year. Kepala Biro Transformasi, Manajemen Risiko, dan Monitoring Evaluasi (TREM), Vishnu Juwono, yang turut hadir pada acara THE Asia Summit di Hong Kong, menyampaikan, “Pencapaian UI dengan dua tahun berturut masuk nominasi THE Asia Awards dan mempertahankan posisi nomor 1 di Indonesia untuk THE Asia Rankings, menunjukkan bahwa UI terus-menerus melakukan transformasi untuk tetap dapat bertahan di tengah kompetisi perguruan tinggi tingkat Asia yang semakin ketat ini.”

BACA JUGA:  UI dan University of Dar Es Salaam Kembangkan Sumber Daya Energi dan Mineral Berkelanjutan

THE Asia University Rankings 2023 menggunakan 13 indikator kinerja yang sama dengan THE World University Rankings, namun tetap disesuaikan untuk mencerminkan atribut institusi di Asia. Lima indikator utama yang dilihat dalam pemeringkatan ini, yaitu Teaching, Research, Citations, International Outlook, dan Industry Income.

Jika dibandingkan dengan tahun lalu, UI mengalami kenaikan score secara keseluruhan (overall), serta unggul pada indikator Teaching, Citations, dan International Outlook. Untuk indikator Teaching dan International Outlook, UI menjadi yang terbaik dari seluruh universitas di Indonesia.

BACA JUGA:  UI Gelar Webinar Proteksi Penggunaan Tokok Elektrik di Kalangan Anak-anak dan Remaja

Tahun ini merupakan edisi ke-11 pelaksanaan THE Asia University Rankings. Jumlah peserta meningkat jika dibandingkan tahun lalu, yaitu 616 universitas. Tiga puluh tiga negara mengikuti ajang ini, dengan universitas terbanyak berasal dari Jepang (117), China (95), India (75), Iran (65), dan Turki (61).

Dari total 669 universitas yang mengikuti pemeringkatan ini, 5 universitas terbaik versi THE Asia University Rankings 2023 secara berturut-turut ditempati oleh Tsinghua University, Peking University, National University of Singapore, University of Hong Kong, dan Nanyang Technological University, Singapore.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait