Pendaftaran SIMAK UI Program Sarjana dan Vokasi Dibuka Hingga 6 Juli 2023

Pendaftaran SIMAK UI dilakukan secara daring

DEPOKPOS – Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) untuk Program Sarjana dan Vokasi Tahun Akademik 2023/2024 telah dibuka mulai Selasa (6/6) sampai dengan 6 Juli 2023. Pendaftaran SIMAK UI dilakukan secara daring melalui tautan https://penerimaan.ui.ac.id/. Adapun pendaftaran SIMAK UI Program S1 Kelas Internasional telah dibuka sejak 22 Mei hingga 22 Juni 2023 dan untuk Program Sarjana Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), Magister, Spesialis, Profesi, dan Doktoral sudah dibuka pada 19 Mei hingga 26 Juni 2023.

Untuk dapat mengikuti ujian SIMAK UI, para peserta diharuskan untuk membuat akun pendaftaran. Setelah memiliki akun, peserta diminta untuk mengunggah foto berwarna terbaru dengan min.400×600 pixel. Apabila foto yang diunggah sudah sesuai, selanjutnya pendaftar dapat mengisi formulir dan akan mendapatkan nomor pendaftaran. Khusus untuk pendaftar Kelas Internasional, pendaftar diwajibkan untuk mengunggah sertifikat TOEFL/IELTS dalam bentuk PDF ke akun pendaftaran. Selanjutnya, nomor yang telah diperoleh dari pendaftaran ini dapat digunakan untuk melunasi biaya pendaftaran melalui ATM atau Teller.

BACA JUGA:  Kolaborasi UI-UiTM Shah Alam, Malaysia, pada Penyelenggaraan Java Bali Overland Tour 2024

Bagi pendaftar SIMAK UI Program Sarjana dan Vokasi, dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp500.000 untuk dua pilihan pertama IPA atau IPS dan diperbolehkan untuk memilih antar program pendidikan S1 Reguler, S1 non reguler dan Vokasi (D3 dan D4). Sedangkan untuk biaya tiga pilihan pertama IPA dan IPS sekaligus (IPC), dikenakan biaya sebesar Rp600.000. Setiap penambahan pilihan program studi (prodi) atau jurusan, calon peserta akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp100.000 untuk satu prodi dengan jumlah maksimal enam pilihan.

Berbeda dengan Program Sarjana dan Vokasi, pendaftaran SIMAK UI pada jenjang S1 Kelas Internasional akan dikenakan biaya sebesar Rp1.600.000 dengan pilihan satu prodi saja. Begitu pula untuk jenjang lainnya hanya dapat memilih satu prodi saja, di antaranya Program Magister dengan biaya pendaftaran Rp1.300.000, Program Spesialis Rp.1.600.000, Program Profesi Rp1.300.00, Program Doktoral Rp1.600.000, dan Program Sarjana RPL Rp750.000.

BACA JUGA:  Innovative Academy UGM Terpilih jadi Delegasi Startup Go Global ke Belanda

Materi ujian pada jenjang Program Sarjana dan Vokasi meliputi Kemampuan Dasar (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris) dan Kemampuan IPS/IPA. Bagi peserta ujian IPS akan mengikuti ujian Kemampuan Dasar dan Kemampuan IPS (Ekonomi, Sejarah, Geografi, Sosiologi). Sedangkan peserta ujian IPA akan mengikuti ujian Kemampuan Dasar dan Kemampuan IPA (Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi). Sementara itu, untuk peserta ujian IPC akan mengikuti ujian Kemampuan Dasar, Kemampuan IPS, dan Kemampuan IPA.

Adapun materi ujian SIMAK Kelas Internasional, antara lain Subtest Kemampuan IPA untuk Pilihan Prodi IPA meliputi Mathematics for Natural Sciences, Biology, Physics, dan Chemistry. Untuk Subtest Kemampuan IPS dengan Pilihan Prodi IPS, yaitu Basic Mathematics, Economics, Indonesian and World History, Geography, dan Sociology.

Sementara itu, materi yang diujikan pada SIMAK UI Sarjana RPL, Magister, Spesialis, Profesi, dan Doktoral, meliputi Tes Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris. Namun, ada beberapa program studi yang juga menyelenggarakan ujian kekhususan atau wawancara. Untuk itu, bagi para pendaftar diharapkan agar membaca informasi persyaratan masing-masing prodi secara lengkap atau menghubungi sekretariat prodi.

BACA JUGA:  Renovasi Gedung D1 Asrama UI Guna Peremajaan

Seluruh pelaksanaan ujian SIMAK UI akan diselenggarakan secara daring pada waktu yang sama di seluruh Indonesia. Bagi wilayah WITA dan WIT, waktu disesuaikan dengan waktu setempat (+1 jam untuk WITA, +2 jam untuk WIT). Perangkat ujian yang diperlukan untuk mengikuti ujian SIMAK UI, para peserta harus menyiapkan laptop dengan kamera atau komputer desktop dengan webcam. Jika tidak memiliki keduanya, peserta dapat menggunakan tablet atau handphone dengan resolusi minimal 1280×720. Selain itu, dalam perangkat yang digunakan juga harus memiliki aplikasi Browser Mozilla Firefox atau Browser Google Chrome versi stable terbaru.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait