Komunitas Tari FISIP UI Radha Sarisha Siap Jalankan Misi Budaya di International Folklore Festivals “Du Sud” Tour

DEPOKPOS –  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) melalui Komunitas Tari FISIP (KTF) UI Radha Sarisha siap menjalankan misi budaya di International Folklore Festivals “Du Sud” Tour yang diadakan di Perancis dan Spanyol, pada Juli–Agustus 2023. Sebelum pergi sebagai kontingen dalam festival tersebut, KTF UI Radha Sarisha mengadakan acara Gelar Pamit Misi Budaya 2023 yang diselengarakan di Gedung Kesenian Jakarta, pada Selasa (30/5) lalu.

Pada acara bertajuk “Taste of Indonesia”, KTF UI Radha Sarisha menampilkan pagelaran berjudul “Larung” dalam bentuk sendratari (seni, drama, dan tari) yang nantinya akan dibawakan saat misi budaya di Perancis dan Spanyol. Larung bercerita tentang perjalanan Pramadana di Nusantara untuk mencari Ibunya. “Ibu” yang dicari tidak terikat pada satu konsep tertentu, melainkan sesuatu yang dicintainya untuk merawat, menjaga, menemani, juga menginspirasinya.

Bacaan Lainnya

Pagelaran tersebut dibawakan oleh 34 anggota yang terbagi dalam 4 tim penari dan 1 tim pemusik. Keseluruhan tim menampilkan enam tarian, yaitu Tari Rampak Gendang khas Jawa Barat, Tari Kembheng Malate dari Madura, Tari Taruni dari Jawa Timur, Tari Pia Baine dari Tana Toraja, Tari Coga dari Sumatera Barat, dan Tari Mambri dari Papua.

Dekan FISIP UI, Prof. Dr. Semiarto Aji Purwanto, medukung penuh KTF UI Radha Sarisha untuk berpartisipasi dalam International Folklore Festivals “Du Sud” Tour 2023. “Kegiatan seni ini merupakan kegiatan mahasiswa yang patut diapresiasi karena mendorong mahasiswa menjadi produktif dan senang untuk datang ke kampus. Selain sebagai tempat belajar, kampus juga merupakan tempat mengaktualisasikan bakat dan minat di luar kegiatan akademis,” ujar Prof. Aji.

KTF UI Radha Sarisha adalah komunitas mahasiswa FISIP UI yang dibangun untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa di bidang seni tari, baik tradisional maupun modern, serta seni musik. Setelah didirikan pada 2008, KTF UI Radha Sarisha memiliki banyak pencapaian, mulai dari produksi pertunjukan, kompetisi, dan misi budaya.

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait