Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

DEPOKPOS – Di era seperti sekarang rasanya sudah tidak asing lagi diteliga kita dengan istilah “remaja jompo”. Pengertian remaja itu sendiri adalah seseorang yang berada pada rentang usia 12-18 tahun. Sedangkan kata jompo merujuk kepada orang tua yang sudah lemah fisiknya. Yang mana jika digabungkan “remaja jompo” berarti remaja yang sudah lemah fisiknya seperti orang tua.

Sebagaimana dilansir dari Kompas.com, Dien Kalbu Ady, selaku dokter dan direktur rumah sakit PKU Muhammadiyah Prambanan, mengatakan bahwa istilah ‘remaja jompo’ merujuk kepada para remaja yang mudah mengalami kelelahan, pegal, sakit punggung dan pinggang, badan lemas, serta sering pusing.

Keluhan yang dominan dirasakan oleh remaja jompo ialah yang keluhan yang berhubungan dengan tulang, terutama tulang belakang atau punggung. Tulang adalah bagian dalam tubuh manusia yang tidak terlihat, namun memiliki peran sangat penting bagi tubuh dan tak bisa tergantikan. Begitu pun dengan tulang belakang tentu memiliki peranan yang sangat penting bagi manusia.

Dikutip dari gramedia.com fungsi tulang punggung yang utama ialah sebagai penopang tubuh, membuat tubuh lentur dan fleksibel dalam bergerak, melindungi saraf, menghasilkan sel darah merah, pelindung organ utama, dan peredam getaran.

Pegal serta sakit pinggang ialah penyakit yang umumnya dikeluhkan oleh remaja kaum jompo, awalnya mereka merasakan sakit dan rasa yang tidak nyaman, yang kemudian menjadikan mereka menjadi malas bergerak, atau bahasa yang sedang trend saat ini “mager”. Padahal justru pola hidup mereka yang salah dan “mager” tadi merupakan penyebab mereka mengalami sakit punggung tersebut.

Penting sekali untuk kita mengetahui nih, hal-hal yang dapat membuat kita mengalami sakit tulang belakang atau sakit punggung, antara lain:

⦁ Stress
Stress yang berkepanjangan membuat otot punggung menjadi tegang. Kemudian otot yang tegang tadi akan menyebabkan rasa sakit dan menjalar ke bagian punggung.

⦁ Makanan yang dikonsumsi tidak sehat
Makanan tentu sangat mempegaruhi terhadap kesehatan tubuh kita, salah satunya yakni pada kesehatan punggung. Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak dan gula akan memicu peradangan di seluruh tubuh kita, termasuk punggung bagian bawah.

⦁ Posisi tidur yang salah
Penting bagi kita, terutama remaja mengetahui bahwa posisi tidur yang salah akan beresiko memicu nyeri punggung. Posisi tengkurap menjadi faktor penyebabnya keluhan sakit tulang belakang, meskipun banyak orang merasa bahwa tidur dengan posisi ini adalah posisi yang paling nyaman, akan tetapi ini perlu dihindari karena dapat membuat nyeri di tulang belakang terutama nyeri pada leher, punggung, dan pinggang.

⦁ Jarang berolahraga
Olahraga juga menjadi faktor penyebab mengapa kita merasakan sakit punggung. Sering kali kita sebagai remaja jompo merasakan malas untuk melakukan olahraga. Padahal apabila kita kurang berolahraga, itu akan membuat otot kita menjadi lemah, sehingga tidak mampu menopang beban tubuh dengan baik. Oleh karena itu tubuh akan mudah merasakan sakit punggung.

⦁ Duduk dengan posisi yang salah
Mungkin kita sering merasa bodo amat terhadap posisi duduk kita. Padahal, posisi duduk sangat mempengaruhi kesehatan tulang belakang kita, terlebih lagi jika duduk dalam waktu yang lama. Maka, penting sekali bagi kita sebagai remaja khususnya untuk selalu memperhatikan posisi duduk yang baik dan nyaman.

Nah, adapun tips bagi remaja jompo agar tubuhnya selalu sehat, maka wajib bagi kita mengetahui hal-hal yang dapat dilakukan agar kita terhindari dari keluhan sakit punggung, diantaranya:

⦁ Rutin berolahraga
Seperti yang kita tahu, banyak sekali manfaat dari olahraga untuk kesehatan badan. Dan salah satunya adalah rutin dan aktif berolahraga dapat membuat badan kita terhindar dari sakit punggung.

⦁ Makanan yang sehat
Selain berolahraga, asupan gizi yang baik pun dapat memperkuat tulang belakang kita. Tidak hanya itu saja, berat badan pun akan menjadi ideal apabila kita selalu menjaga asupan makanan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Oleh karena itu pentingnya bagi kita untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat agar terciptanya tubuh dan hidup yang sehat.