Kurangi Stress dengan Humor

DEPOKPOS – Dalam kehidupan sehari-hari kita selalu terhubung dengan emosi, terutama saat beraktivitas, baik itu bekerja, belajar, bermain ataupun olahraga. Emosi tidak dapat kita hindari, terkadang emosi datang dalam bentuk negatif seperti kesedihan, kecemasan, ketakutan, kemarahan dan emosi lainnya yang datang dari dalam dan luar serta dari keluarga, teman dan masyarakat. Mengumpulkan emosi negatif dapat memengaruhi produktivitas dan kreativitas seseorang.

Kondisi seperti itu dapat menyebabkan masalah kesehatan fisik dan mental. Salah satu cara untuk meredam emosi negatif adalah melalui humor psikologi positif. Humor positif membawa kewarasan bagi orang yang bisa menikmatinya. Orang-orang membutuhkan sedikit humor dari masa kanak-kanak hingga tua, mari kita bayangkan seperti apa hidup kita tanpa humor, kita bekerja, bermain, bergaul, tanpa humor. Saya pikir humor adalah salah satu bahan terpenting dalam hidup.

Apa itu humor?

Humor adalah sesuatu yang lucu dan menggelikan yang memunculkan senyum dan tawa intelektual. Humor juga merupakan bagian dari seni. Orang yang memiliki selera humor yang tinggi disebut humoris, yaitu orang yang mudah tersenyum dan tertawa ketika mendengar atau melihat sesuatu yang lucu.

Arwah Setiawan (Suhadi, 1989) mengatakan sebagai berikut:

“Humor adalah perasaan atau gejala yang membuat kita tertawa, atau kecenderungan untuk tertawa secara mental, bisa berupa perasaan atau kesadaran dalam diri kita (sense of humor); bisa menjadi gejala atau ciptaan di dalam atau di luar diri kita. Saat kita menemukan humor, kita bisa tertawa terbahak-bahak atau hanya tertawa secara umum; seperti tersenyum atau hanya merasa geli di dalam. Rangsangan yang terjadi haruslah rangsangan mental untuk tertawa, bukan rangsangan fisik seperti menggelitik yang menimbulkan rasa geli tetapi bukan akibat humor.

Kemampuan menertawakan hal-hal yang menurut seseorang lucu mempengaruhi humor yang memiliki 5 aspek yaitu kemampuan memahami, menyukai, melakukan, menghargai dan menikmati humor.

Humor dan stress

Salah satu keterampilan dasar manusia adalah kemampuan mandiri untuk membela diri dengan melihat diri sendiri dengan humor. Kemampuan untuk menertawakan diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda dalam suatu situasi dapat meredakan ketegangan dan menerima suatu peristiwa yang tidak dapat diubah.

Stres adalah reaksi mental atau gangguan ketika kita mengalami stres yang mempengaruhi mental dan psikologis. Biasanya, stres berasal dari kekhawatiran dan kecemasan yang disebabkan oleh tekanan. Orang yang mengalami stres dikelilingi oleh emosi negatif seperti perubahan suasana hati, lekas marah dan kesulitan mengendalikan diri.

Dengan bantuan humor kita dapat mengurangi stres yang dirasakan, menenangkan pikiran dan tubuh, meskipun humor tidak dapat menyelesaikan masalah kita, setidaknya kita dapat sedikit lebih rileks dan berpikir lebih positif.

Fungsi seni hiburan diri yaitu humor adalah untuk meredam emosi negatif, meredam rasa takut atau amarah. Jadi, rasa humor ada hubungannya dengan mengurangi stres mereka dengan mendefinisikan kembali situasi yang terjadi pada mereka dengan bantuan humor, yaitu dengan mencoba melihat ke belakang lalu membuat sesuatu yang lucu dan tertawa, untuk meredakan ketegangan.

Mengolok-olok situasi yang buruk dapat menghindari depresi, tekanan dan kemarahan, membuat seseorang tetap tenang.

Tentu saja, ketika kita menggunakan humor, kita harus memilihnya dengan bijak. Saat kita bercakap-cakap dengan humor, kita harus berhati-hati agar humor tersebut tidak menyinggung siapapun, atau dengan humor positif, karena ketika humor mengandung hal-hal negatif, seperti merugikan seseorang atau lingkungan, hasilnya bukan pengurangan tetapi peningkatan ketegangan.

Humor yang diarahkan pada diri sendiri adalah humor yang lebih mudah diterima oleh diri sendiri dan orang lain.

Jenis jenis humor

1. Humor personal, yaitu humor yang khas pada diri sendiri. misalnya saat kita merasa aneh saat melihat pohon yang bentuknya seperti bowler.

2. Humor terkait pergaulan seperti lelucon, cerita lucu yang ditambahkan pada pidato atau ceramah, dll