Bahaya Begadang bagi Remaja

DEPOKPOS – Banyak remaja sekarang yang seringkali begadang entah itu karena mereka mengerjakan tugas,bermain game ataupun nongkrong dan bermain bersama teman-temannya.

Padahal hal tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan mereka sendiri, seharusnya di usia remaja seperti mereka istirahat yang cukup sangatlah penting karena tidur berpengaruh pada hormon pertumbuhan.

Jika seseorang kurang istirahat maka akan mengakibatkan orang tersebut sulit untuk fokus dan mereka juga akan lebih mudah lelah.

Jumlah waktu tidur seseorang berbeda-beda sesuai dengan usia dan aktivitas sehari-hari. Tidur yang cukup bagi orang dewasa umumnya 7-9 jam perhari sedangkan bagi anak-anak 10-13 jam perhari.

Apabila seseorang kurang istirahat maka keesokan harinya ia akan mengantuk. Mengantuk adalah efek yang sering terjadi akibat dari begadang itu sendiri. Setelah itu orang tersebut akan menguap dan merasa kelelahan.

Hal ini sangat tidak baik bagi kesehatan karena akan menganggu kesehatan mental seseorang dan juga akan merusak fisik orang tersebut.

Begadang juga dapat mengakibatkan beberapa efek samping seperti memicu obesitas, hal ini terjadi karena biasanya orang yang begadang akan merasa lapar di malam hari dan jika hal tersebut terjadi setiap hari akan menyebabkan orang tersebut terkena obesitas.

Efek lain yang ditimbulkan yaitu menurunkan sistem kekebalan tubuh hal ini dapat terjadi karena jika seseorang kurang istirahat akan menyebabkan mereka mudah sakit sehingga sistem kekebalan dalam tubuhnya pun akan menurun dan akan lebih rentan terkena penyakit.

Selain itu jika seseorang terlalu sering begadang akan menyebabkan hilangnya fokus dan sulit dalam melakukan aktivitas seperti contohnya belajar.

Banyak sekali murid sekolah yang tidur saat jam pelajaran dikarenakan mereka terlalu sering begadang sehingga mereka kekurangan waktu istirahat.

Hal ini sangat mengganggu aktivitas belajar mereka sendiri yang membuat mereka kesulitan dalam belajar dan membuat waktu terbuang sia-sia, Yang seharusnya mereka dapat mencari ilmu di sekolah dengan baik ini malah membuang-buang waktu.

Adapun efek dari kurangnya waktu istirahat yaitu insomnia, Mungkin beberapa orang sudah mengetahui apa insomnia itu sendiri.

Insomnia adalah gangguan tidur yang terjadi ketika seseorang kesulitan untuk tidur. Insomnia itu sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu insomnia akut dan insomnia kronis. Adapun beberapa penyebab insomnia akut yaitu:

⦁ Mengalami stress
⦁ Mengingat sebuah peristiwa yang membuat ia trauma
⦁ Terjadinya perubahan kebiasaan tidur seperti orang tersebut pindah ke rumah baru yang menyebabkan ia belum terbiasa dan harus beradaptasi terlebih dahulu

Sementara penyebab insomnia kronis yaitu:

⦁ Kondisi nyeri kronis seperti radang sendi atau nyeri punggung yang membuat penderitanya tidak nyaman dan sulit tidur.
⦁ Kondisi psikologis seperti depresi,mengalami kecemasan.
⦁ Mengidap gangguan kesehatan seperti diabetes,gerd dan lain sebagainya.

Oleh karena itu penting bagi kita semua untuk istirahat dengan cukup agar terhindar dari berbagai penyakit sehingga kita bisa beraktivitas dengan optimal di esok harinya.

Selain itu istirahat yang cukup juga akan membuat tubuh lebih segar dan terhindar dari berbagai penyakit baik mental maupun fisik. Maka oleh sebab itu kita semua harus menghindari begadang tidak hanya remaja tapi orang dewasa,anak-anak,lansia dan sebagainya.

Istirahatlah dengan cukup jika pekerjaan atau tugas belum selesai kerjakan di esok hari jangan terlalu berlebihan dalam melakukan suatu hal.

Kita semua harus bisa menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap bisa terus sehat dan bugar sampai kita tua nanti, karena kesehatan itu sangat amat mahal jadi jagalah terus kesehatan agar tidak susah dan menyesal di kemudian hari.

Sri Rahayu Utami
Mahasiswi Program Studi Keperawatan Universitas Binawan