5 Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh

DEPOKPOS – Dalam agama Islam, berpuasa merupakan salah satu ibadah yang mulia untuk dilaksanakan. Bahkan, puasa tak lain merupakan pilar yang disebutkan melalui rukun Islam yang ketiga.

Ibadah puasa dilakukan dengan cara tidak mengonsumsi makanan dan minuman apapun dari mulai subuh hingga matahari terbenam.

Bacaan Lainnya

Bukan hanya secara sisi spiritual, berpuasa juga mampu mendatangkan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA:  Yayasan Amaliah Astra Gelar Lomba Tahfidz Nasional Online dan Kajian Anak

Adapun beberapa manfaat dari menjalankan ibadah puasa yakni sebagai berikut. Disimak ya!

1. Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Ketika seseorang berpuasa, tubuh akan melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun-racun yang tidak berguna bahkan berbahaya dari tubuh. Dengan begitu, organ dalam tubuh akan kembali bekerja dengan baik

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut beberapa penelitian, puasa dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan organ jantung, sehingga dapat menurunkan kadar kolestrol sebesar 25%.

BACA JUGA:  Yayasan Amaliah Astra Gelar Lomba Tahfidz Nasional Online dan Kajian Anak

Seperti yang diketahui, kadar kolesterol merupakan penyebab utama dari terjadinya serangan jantung. Begitupun dengan kadar trigliserida darah juga berkurang 32% ketika berpuasa.

3. Menjaga Berat Badan

Puasa Ramadan dapat membantu seseorang untuk menjaga atau bahkan menurunkan berat badan. Hal ini karena puasa membuat asupan kalori dalam tubuh menjadi berkurang sehingga dapat mengurangi risiko naiknya berat badan seseorang.

4. Membantu Sistem Pencernaan untuk Beristirahat

BACA JUGA:  Yayasan Amaliah Astra Gelar Lomba Tahfidz Nasional Online dan Kajian Anak

Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem yang selalu bekerja. Puasa dapat membantu sistem pencernaan untuk beristirahat untuk memulihkan kembali fungsi kerjanya.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Puasa Ramadan secara tidak langsung dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Hal ini disebabkan adanya peningkatan fungsi sel-sel getah bening yang bekerja dengan baik.

Abdul Djabbar Alfathi

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait