Kelas Ibu Ceria, Upaya Mahasiswa UI Atasi Stunting

DEPOK POS – Saat ini stunting masih menjadi fokus utama untuk penurunan angka masalah gizi di Indonesia. Prevalensi stunting di Kota Depok sendiri pada tahun 2018 menunjukkan angka sebesar 23,21%. Dengan Kelurahan Cinangka sebagai salah satu lokus stunting di Depok dengan jumlah 134 balita.

Hal tersebutlah yang mendorong Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Gizi Universitas Indonesia berinisiatif untuk menyelenggarakan kegiatan Kelas Ibu CERIA: Pencerdasan Gizi Ibu Hamil dan Ibu Menyusui dalam Rangka Penurunan Stunting di Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan, Kota Depok tahun 2022. Kegiatan ini diketuai oleh Dr. Ir. Asih Setiarini, MSc yang merupakan dosen dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia.

BACA JUGA:  UNICAMP 2024 Bantu Guru dan Siswa Kembangkan Teknologi dalam Dunia Edukasi

Kegiatan dibuka oleh Dedi Irawan selaku Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat dan Pelayanan, Kelurahan Cinangka. Dalam sambutannya, Dedi menyambut dengan baik terselenggaranya program ini dan berharap agar kegiatan ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan para ibu hamil dan ibu menyusui mengenai Inisiasi Menyusui Dini (IMD), ASI eksklusif, dan asupan gizi seimbang pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). Kegiatan dihadiri oleh Ir. Siti Arifah Pujonarti, MPH, Mardatillah, SKM dan mahasiswa Program Studi S1 Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

BACA JUGA:  UNICAMP 2024 Bantu Guru dan Siswa Kembangkan Teknologi dalam Dunia Edukasi

Pelaksanaan kegiatan Kelas Ibu CERIA dibagi menjadi 2 hari dengan dihadiri oleh 33 ibu hamil dan ibu menyusui. Pada hari pertama, semua partisipan mendapatkan materi mengenai IMD, ASI eksklusif, dan 1000 HPK. Dilanjutkan pada hari kedua dengan penyampaian materi mengenai Makanan Pendamping ASI (MPASI). Pada kegiatan Kelas Ibu CERIA ini para partisipan juga mendapatkan booklet yang berisi materi yang disampaikan selama kegiatan dan buku resep yang memuat resep dengan bahan makanan lokal dan dalam ukuran rumah tangga. Para partisipan antusias mengikuti rangkaian kegiatan selama 2 hari.

BACA JUGA:  UNICAMP 2024 Bantu Guru dan Siswa Kembangkan Teknologi dalam Dunia Edukasi

“Kegiatan Kelas Ibu Ceria ini kegiatan yang sangat bagus untuk menekan angka stunting, terutama di Kelurahan Cinangka. Oleh karena itu, saya sangat mendukung kegiatan ini. Saya berharap dengan adanya kegiatan ini Ibu-ibu yang mengikuti bisa mendapatkan ilmu baru sehingga angka stunting di Kelurahan Cinangka dapat turun” ucap Dedi Irawan.

Habibah Fitriyani Yusman

Ingin produk, bisnis atau agenda Anda diliput dan tayang di DepokPos? Silahkan kontak melalui WhatsApp di 081281731818

Pos terkait