Seberapa Penting Tablet Fe bagi Ibu Hamil?

Seberapa Penting Tablet Fe bagi Ibu Hamil?

DEPOK POSTablet zat besi (Fe) merupakan tablet mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan hemoglobin atau yang biasa dikenal sebagai sel darah merah. Unsur Fe merupakan unsur paling penting untuk pembentukan sel darah merah.

Kekurangan sel darah merah dalam tubuh manusia dapat menyebabkan gangguan anemia atau kurang darah.  Beberapa keluhan dan gejala yang bisa timbul saat seseorang mengalami anemia adalah lemah, letih, lesu, sesak napas, pusing, sakit kepala, dan denyut jantung meningkat.

Maka dari itu, Tablet Fe sangat penting untuk dikonsumsi untuk mencegah terjadinya anemia terutama pada Wanita Usia Subur (WUS) yang setiap bulan nya mengalami menstruasi dan pada Ibu hamil.

Bagi wanita usia subur Tablet Fe dikonsumsi sebanyak 1 (satu) kali seminggu dan 1 (satu) kali sehari selama haid dan untuk ibu hamil diberikan setiap hari selama masa kehamilannya atau minimal 90 (sembilan puluh) tablet.

Setiap tablet tambah darah bagi wanita usia subur dan ibu hamil sekurangnya mengandung Zat besi setara dengan 60 mg besi elemental (dalam bentuk sediaan Ferro Sulfat, Ferro Fumarat atau Ferro Gluconat) dan Asam Folat 0,400 mg.

Selain dari mengonsumsi Tablet Fe, Zat besi secara alamiah didapatkan dari makanan yang bisa kita konsumsi sehari-hari , seperti daging merah, kacang-kacangan, hati ayam atau sapi, susu kedelai, tempe, tahu dan sayuran hijau.

Mengapa Tablet zat besi (Fe) sangat dibutuhkan oleh wanita hamil, sehingga ibu hamil diharuskan untuk mengonsumsi Tablet Fe minimal sebanyak 90 (sembilan puluh) tablet selama kehamilannya? Seberapa pentingkah Tablet Fe untuk Ibu hamil? Mari kita bahas bersama.

Beberapa manfaat tablet zat besi saat hamil adalah sebagai berikut:

⦁ Memperbanyak cadangan darah di dalam tubuh

Total volume darah Ibu saat hamil tentu mengalami peningkatan, peningkatan ini mencapai 50% atau lebih dari jumlah darah Ibu hamil biasanya. Manfaat bila ibu hamil minum tablet tambah darah yakni mendukung tubuh untuk memproduksi lebih banyak darah bagi ibu dan janin.

⦁ Meningkatkan produksi hemoglobin

Zat besi juga bermanfaat untuk memproduksi hemoglobin yaitu protein dalam sel darah merah yang bertugas membawa oksigen ke seluruh sel tubuh. Di sisi lain, Ibu juga butuh tablet tambah darah guna memenuhi kebutuhan zat besi untuk mendukung pertumbuhan bayi dan plasenta di dalam rahim, terutama pada trimester 2 dan trimester 3 kehamilan.

⦁ Memberikan manfaat lain selama kehamilan

Minum Tablet Tambah Darah (TTD) alias tablet zat besi untuk ibu hamil tidak hanya dapat membantu mencegah anemia. Asupan zat besi yang cukup selama kehamilan juga mencegah ibu mengalami perdarahan selama persalinan dan meninggal saat melahirkan akibat perdarahan.

Bagaimana Cara Mengonsumsi Tablet Fe yang baik dan benar?

Pada saat kita mengonsumsi Tablet Fe, air minum yang digunakan sebaiknya adalah menggunakan air putih matang karena absorbsi besi akan menurun bila terdapat fosfat atau antasida yang akan membentuk suatu senyawa dan yang tidak dapat larut seperti senyawa fenol, tamin yang terdapat dalam teh, kopi, cokelat dan kalsium dari bahan susu.

Suplemen zat besi lebih mudah terserap oleh aliran darah jika dikonsumsi 1 jam sebelum makan atau saat perut masih dalam keadaan kosong, meminum Tablet Fe langsung setelah makan dapat mengakibatkan berkurangnya absorbsi Tablet Fe itu sendiri karena akan tercampur dengan bahan makanan lain yang akan mengganggu efektivitas Tablet Fe dan daya penyerapannya, selain itu meminum Tablet Fe malam hari menjelang tidur dan 3 jam setelah makan dapat mengurangi reaksi gastrointestinal yang merugikan. [Afifah Octaviani]